Masyarakat  Kecamatan Malaka Barat Apresiasi Aspal Ruas Jalan Besikama-Sukabilulik

oleh -950 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Pembangunan ruas jalan Besikama – Sukabilulik mendapat apresiasi masyarakat Sukabilulik, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka.

Alex Klau Seran (60), warga Sukabilulik, Desa Oan Mane yang ditemui media ini Jumad (22/3/2019) mengaku sangat senang setelah aspal jalan tersebut dikerjakan Oktober tahun lalu.

“Kami di Sikun dan Sukabilulik ini  sepertinya kami baru lihat terang di usia kami yang sudah tua ini. Ini hal baik yang akan dinikmati anak cucu kami di tanah kelahiran mereka sendiri”, ujar Alex.

Kegembiraan luar biasa yang tergambar di wajah Alex bukannya tanpa alasan. Pasalnya, tutur Alex, setelah kampung halamannya diporak-porandakan bencana banjir tahun 2000 silam, kampung halaman Alex terisolir dari Besikama, kota Kecamatan Malaka Barat.

Jalan yang berlumpur dan susah dilewati kendaraan roda dua sekalipun. Kadang harus berjalan kaki untuk sampai ke Besikama. Padahal di Besikama ada gereja, Kantor Camat, Kantor Polisi dan juga pasar dan toko.

Tetapi gambaran itu sekarang berubah. Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah pimpinan Bupati dr. Stef Bria Seran, MPH telah membuka isolasi tersebut.

Tahun lalu, Pemkab Malaka telah menghotmis jalan Besikama-Sukabilulik sepanjang 3,6 kilometer dengan dana 10 Miliar Rupiah.

Kini Alex dan juga warga lainnya di Desa Oan Mane dan Desa Sikun telah dengan mudah menjangkau Besikama untuk berbagai keperluan, terutama untuk memasarkan hasil kebunnya.

Seperti yang dirasakan warga Sukabilulik lainnya, Danel Klau dan warga Busabelo, Albertus Seran.

Kedua warga yang hidup bertani tersebut sekarang dengan mudah menjual sayuran hasil kebunnya ke Besikama, bahkan ke Betun.

“Dulu harus keluarkan banyak uang untuk bayar ojek baru bisa sampe ke pasar. Itu juga tidak banyak sayur yang bisa dibawa karena medan jalan yang tidak bersahabat.

Kalau sekarang jalan sudah baik jadi bisa bawa barang ke pasar dengan biaya murah, ujar Daniel diamini Albertus.

Sisilia Bano, pemilik kios di Sukabilulik juga punya pengalaman sendiri dengan kehadiran aspal jalan Besikama-Sukabilulik.

“Kami senang karena selkarang tidak susah lagi kalau mau belanja barang dagangan di Besikama atau di Betun. Keuntungan juga bisa cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari karena biaya transportnya sudah ringan”, kata Siasilia.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka, Lorens Haba, S. Pd, MM kepada media ini menjelaskan, pekerjaan hotmiks ruas jalan Besikama-Sukabilulik sepanjang 3,6 kilometer dengan dana Rp 10 M dikerjakan Oktober 2018.

“Ruas jalan tersebut adalah jalan Kabupaten yang memang menjadi tanggung jawab kita.

Karena masyarakat di sana sangat butuh jalan itu untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Karena itu, ditengah keterbatasan kita, bapak Bupati putuskan untuk dikerjakan jalan itu”, jelas Lorens.

Untuk info, bersamaan dengan pengerjaan ruas jalan tersebut, dikerjakan juga hotmiks lanjutan ruas jalan lingkar Besikama sepanjang 1,4 kilometer dengan total dana 3,5 Miliar Rupiah.*(ama)