Tim Ahli Kesehatan Malaka Terus Mendampingi dan Membimbing Puskesmas dan Rumah Sakit di Malaka

oleh -1.937 views
Tim Ahli Kesehatan Malaka dr.Xaverius Seikka

Kupang,Likuraionline.com—Tim Ahli Kesehatan kabupaten Malaka terus melakukan bimbingan dan pendampingan kepada Managemen Rumah Sakit Penyanggah Perbatasan (RSPP) Betun dan Puskesmas-Puskesmas yang ada di kabupaten Malaka menuju Proses Akreditasi Rumah Sakit dan Puskesmas.

Hingga Bulan Oktober 2018 sudah empat Puskesmas di Kabupaten Malaka yang lulus akreditasi.

Empat Puskesmas yang telah lulus akreditasi itu adalah Puskesmas Betun  Lulus akreditasi tipe Dasar, Puskesmas Besikama lulus akreditasi tipe Media, Puskesmas Weoe lulus akreditasi tipe Dasar dan Puskesmas Namfalus lulus akreditasi tipe Dasar.

Selain itu, ada empat Puskesmas lagi yang sudah disurvei tim akreditasi yakni  Puskesmas Uabau, Puskesmas Kaputu, Pusksemas Fahiluka dan Puskesmas Nurobo.

Demikian dikemukakan Ketua Tim Ahli Kesehatan Malaka dr.Xaverius Seikka kepada wartawan belum lama ini.  Ia menjelaskan, tim ahli Kesehatan Malaka terus membimbing dan mendampingi puskesmas- puskesmas di Kabupaten Malaka yang belum diakreditasi.

“Kita terus mendampingi dan membimbing beberapa puskesmas di Malaka agar menyiapkan berbagai pesyaratan yang dibutuhkan oleh tim akreditasi Puskesmas,”ungkap dr.Seikka sapaan akrab  dr.Xaverius Seikka.

Seikka menjelaskan, tim akreditasi Puskemas telah melakukan survey pada bulan oktober di empat Puskesmas di Malaka. Puskesmas yang di survey itu adalah, Puskemas Weliman, Puskemas Biudukfoho, Puskemas Tafuli dan Puskemas Seon. Sementara pada bulan Desember akan dilakukan survey di Puskemas Wekmidar, Puskemas Sarina, Puskemas Wekmurak dan Puskemas Alas.

Ia  mengakui bahwa sudah ada kemajuan pesat tentang tatakelola Puskesmas di Kabupaten Malaka. Persiapan dokumen-dokumen dan SOP-SOP di Puskesmas  dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pengelola Puskesmas di Malaka sudah semakin maju.

Hal ini terwujud karena Pemerintah Kabupaten Malaka yang dipimpin oleh Bupati dr.Stefanus Bria Seran,MPH memberikan ruang kepada pengelola Puskesmas dan Dinas kesehatan Malaka untuk melakukan kaji banding ke Puskesmas-Puskesmas yang sudah lulus akreditasi.

”Ada perubahan dari sebelum dilakukan Kaji Banding ke Puskesmas-Puskesmas yang ada Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta beberapa waktu lalu.  Perubahan ini terjadi karena Puskesmas-Puskesmas yang ada Kulon Progo selalu memberikan respon posetif kepada pengelola puskesmas yang ada di Malaka. Pengelola Puskesmas dari Kulon Progo selalu pro aktif memberikan saran dan masukan kepada puskesmas yang ada di Malaka terkait persiapan dokumen yang berkaitan dengan  akreditasi Puskesmas,”katanya.

Ia menjelaskan,  selain bimbingan dan pendampingan kepada Puskesmas, tim ahli Kesehatan Malaka juga mendampingi Rumas sakit Penyanggah Perbatasan (RSPP) Betun yang sudah diusulkan untuk diakreditasi.  Pemerintah Kabupaten Malaka telah mengusulkan ke pusat untuk dilakukan survey RSPP Betun pada bulan Oktober atau November 2018.

Ia menambahkan, RSPP Betun sudah melakukan Kaji Banding ke Rumah Sakit Umum Umbu Rara Meha, Kabupaten Sumba Timur yang sudah terakreditasi Paripurna.  RSPP Betun melakukan kaji banding ke RSU Umbu Rara Meha karena Rumas sakit tersebut kelas C sama dengan RSPP Betun.

 Ia menjelaskan, tim dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nasional memberikan bimbingan dan pendampingan kepada RSPP Betun.  “Kita mengharapkan kedepan RSPP Betun Lulus Akreditasi Paripurna. Jika belum lulus paripurnapun diharapkan lulus Akreditasi Media.  “Kita mengharapkan RSPP Betun lulus akreditasi,”katanya.

Ia menambahkan, selain membimbing RSPP Betun untuk Akreditasi, tim ahli Kesehatan Kabupaten Malaka juga mendampingi RSPP Betun untuk mempersiapkan berbagai peryaratan administrasi  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).  “RSPP Betun sudah ditetapkan dengan SK Bupati  sebagai BLUD. Namun penerapan BLUD baru akan di lakukan pada tahun 2019 mendatang,”katanya. (Yulius Seran)