Bertemu Peserta ADEM Asal Malaka, Ini Pesan Kadis PKPO

oleh -1.338 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka telah menjaring 30 tamatan SMP berkualitas untuk mengikuti Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) 2019.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Drs. Petrus Bria Seran, MM usai bertemu 30 calon siswa SMA tersebut di Dekenat Malaka, Selasa (18/06/2019).

Petrus menjelaskan, Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat  serta daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya.

Mereka disiapkan agar memiliki kemampuan belajar yang setara dengan sebagian besar anak-anak di pulau Jawa dan Bali.

Untuk kita di Malaka, kita masuk dalam kategori daerah 3T, yakni terdepan, terluar dan tertinggal.

“Program ini sudah berjalan di Malaka sejak dua tahun terakhir. Artinya, ini merupakan tahun ke dua kita mengirimkan siswa untuk sekolah di Kupang.

Para siswa ini merupakan lulusan SMP yang memiliki prestasi akademik yang bagus. Melalui Program ADEM ini mereka akan bersekolah di SMA-SMA ternama di Kota Kupang dan semua biaya ditanggung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi”, ungkap Petrus.

Kepada para siswa, Kadis PKPO berpesan, agar para siswa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menempah diri menjadi manusia unggul.

“Gunakan kesempatan ini dengan baik untuk belajar dan menempah diri sehingga kelak menjadi manusia yang unggul, yang berguna bagi diri sendiri, orangtua, sesama, bangsa dan daerah ini.

Jaga martabat dan harga diri anda sebagai pribadi dan sebagai orang Malaka, karena anda adalah duta Kabupaten Malaka”, pesan Kadis PKPO.

Para siswa yang menurut informasi akan segera berangkat ke Kupang dalam waktu dekat ini mengaku senang dan bangga bisa terpilih untuk menikmati kesempatan belajar ini.

“Kita senang dan bangga bisa terpilih untuk mewakili Malaka. Kita berjanji untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik sehingga kelak bisa berguna bagi diri sendiri, orangtua, dan daerah Malaka tercinta”, ungkap Maria Bernadete Esi Seran diamini teman-temannya.*(john germanus).