Dosen Faperta Undana Terapkan Teknologi Pembuatan Pupuk dan Pestisida Untuk Kelompok Tani di Kabupaten Kupang

oleh -1.713 views

Kupang,likuraionlin.com—Dosen Faperta Undana Terapkan Teknologi Pembuatan Pupuk dan Pestisida untuk beberapa Kelompok Tani di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang pada 15/08/2018.

Kegiatan itu dihadiri oleh dua kelompok tani dari desa Noelbaki yaitu Kelompok Tani Dalek Esa dan Kelompok Tani Usaha Bersama.

Para Mahasiswa pun turut ambil bagian dalam kegiatan ini, dibawah pimpinan para Dosen Manajemen Sumberdaya Lahan (MSL) Faperta Undana.

Peters Oktovianus Bako, SP., M.Si selaku ketua tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada wartawan menjelaskan pihaknya akan menerapakan ilmu tentang “Peningkatan kemandirian petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk dan pestisida melalui pengolahan limbah organik sisa aktivitas pertanian.

Peter menjelaskan,  target utama yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok tani yang mandiri dalam memenuhi kebutuhaan pupuk organik dan pestisida dengan memanfaatkan sumberdaya lokal berupa limbah organik sisa aktivitas pertanian.

“Petani dapat menguasai teknologi pembuatan Mikrooganisme lokal (MOL), Pupuk dan Pestisida serta dapat menguasai teknologi pembuatan briket sekam padi sebagai bahan bakar alternatif rumah tangga,”kata Peter

Peter juga berharap bahwa melalui program ini, wawasan para petani bisa terbuka dengan teknologi pembuatan pupuk dan pestisida bisa memanfaatkan bahan sisa pertanian disekitar.

Muhajil Hornai selaku ketua kelompok tani Usaha Bersama saat dikonfirmasi, menyatakan bahwa pihaknya sangat bersukur dengan adanya program kemitaraan masyarakat yang dilaksanakan oleh para Dosen Fakultas Pertanian Undana ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim PKM yang dengan senang hati membagikan ilmu dan teknologi pembuatan Pupuk dan Pestisida serta menyumbangkan peralatan pertanian kepada dua kelompok tani di desa kami”. Ungkap Hornai

Harapan dari Hornai kedepannya bahwa semoga apa yang kami dapat hari ini, bisa menjadi bekal bagi kami kedepannya. Saya juga ingin melanjutan teknologi pembuatan pupuk dan pestisida ini bersama anggota kelompok tani Usaha Bersama. (Nando Nahak)