Pemkab Malaka Gelar Rapat Evaluasi RPM; Bupati Malaka Terharu Dengar Testimoni Masyarakat Tentang RPM

oleh -1.730 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Pemerintah Kabupaten Malaka menggelar rapat evaluasi Revolusi Pertanian Malaka (RPM) tahun anggaran 2018 sekaligus menetapkan pelaksanaan RPM tahun anggaran 2019 di Aula Kantor Bupati Malaka, Selasa (07/05/2019).

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dalam sambutannya ketika membuka rapat tersebut mengaku terharu ketika medengar dan membaca testimoni masyarakat Malaka terkait manfaat Revolusi Pertanian Malaka.

“Saya baca lewat pmberitaan media, bahwa masyarakat senang karena bisa panen padi hingga 11 ton per hektar. Suara saya sampai bergetar”, aku Bupati Malaka.

Pada kesempatan lain, lanjut Bupati SBS, dirinya bertanya kepada warga yang menjemur padi sampai ke jalan raya.

Dan jawabannya, tidak ada lagi tempat untuk menjemur karena halaman sudah terpakai untuk menjemur dan padi yang belum dijemur masih banyak.

Dalam rapat yang dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Malaka tersebut, beberapa wakil rakyat menyampaikan beberapa masukan untuk perbaikan pada program ini.

Hendrik Melki Simu, anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar menyarankan untuk menggantikan salah satu komoditas, misalnya ikan bandeng atau itik dengan ternak Babi.

Saran ini, menurut Bupati Malaka, akan dipertimbangkan dan dikaji bersama tim pakar.

Ketua Tim Pakar RPM, Dr. Herry Kotta memaparkan beberapa program yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 ini.

Komoditas-komoditas yang akan dikembangkan tahun ini, antara lain jagung, beras bermutu, kacang hijau, pisang kapok, itik, kambing, sayuran.

Hadir dalam rapat evaluasi dan penetapan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD Malaka, Tim Pakar RPM, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa lokasi RPM.*(john germanus)