PMPB NTT Gelar Sosialisasi Kegiatan Respon Covid 19 di Kabupaten Malaka

oleh -231 views
Kegiatan Sosialisasi di aula Hotel Ramayana Betun, Jumat (25/2/2022)

Malaka, Likuraionline.com–Perkumpulan Masyarakat Penanganan Bencana (PMPB) Nusa Tenggara Timur menggelar kegiatan sosialisasi respon Covid 19 di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT.

Kegiatan tersebut digelar Hotel Ramayana Betun, Jumat (25/2/2022). Peserta terdiri dari para Kepala Desa dari Kecamatan Malaka Tengah, Kecamatan Malaka Barat dan Kecamatan Weliman.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malaka, Folgentinus Fahik saat membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada pihak PMPB NTT yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi respon covid 19 di Kabupaten Malaka.

“Kegiatan sosialisasi respon covid 19 hari ini tentunya sangat membantu dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Malaka,”ujar Folgen Fahik.

Untuk itu ia berharap agar partisipasi masyarakat Kabupaten Malaka bersama dengan stakeholder lainnya dalam menangani covid 19 di Kabupaten Malaka lebih intens dan butuh keseriusan.

“Kita berharap supaya penyakit ini cepat berakhir. Karena itu mari sama-sama kita bekerja dalam upaya pencegahan virus covid 19 di Kabupaten Malaka,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka Wilfrida Ukat pada kesempatan itu mengatakan pada tahun 2021 sampai dengan Desember jumlah kasus covid di Kabupaten Malaka sebanyak 677 kasus yang terkonfirmasi.

“Dari 677 kasus tersebut yang meninggal 25 dan yang lain itu sudah dinyatakan sembuh,”ujar Frida Ukat.

Frida Ukat menambahkan, pada tahun 2022 sejak awal bulan Februari sampai dengan saat ini sudah sebanyak 45 kasus yang terkonfirmasi dan kasus tersebut masih dinyatakan aktif.

“Dari 45 kasus tersebut yang sementara melakukan isolasi mandiri sebanyak 44 orang dan yang sementara melakukan isolasi terpusat di RSUPP Betun 1 orang.

“Dari pembagian clusternya terdapat 2 dari pelaku perjalanan, ada 30 transmisi lokal dan kontak eratnya 13,”sebut Alumni Immala Kupang ini.

Frida juga menyebutkan untuk tiga Kecamatan dampingan dari PMPB NTT yakni Kecamatan Malaka Tengah,Malaka Barat dan Weliman untuk tahun 2022.

Lanjut Frida, dalam upaya pencegahan covid 19 di Malaka diperlukan sinergitas yang baik antara lintas sektor. “Jadi bukan hanya Pemerintahan tapi semua pihak bekerjasama dalam penanganan covid ini,”ujarnya lagi.

Beberapa item kegiatan yang dilakukan dalam upaya pencegahan covid 19 di Kabupaten Malaka selain sosialisasi 3T yang dilakukan oleh Puskesmas juga dilakukan kegiatan vaksinasi.

“Untuk kegiatan vaksinasi dosis satu itu sudah mencapai target sement dosis dua dan Boster yang belum. Sehingga peran aktif dari Pemerintah Desa sangat kami butuhkan dalam upaya percepatan vaksinasi covid 19 di Kabupaten Malaka,”jelasnya.

Sementara itu Maneger Projects PMPB NTT yang mewakili mitra kerja Rafael A Dael mengatakan terkait dengan kegiatan respon covid ada di dua Kabupaten yakni TTS dan Malaka.

“Kalau di Kabupaten Malaka kami ambil tiga Kecamatan yakni di Kecamatan Malaka Tengah, Malaka Barat dan Weliman sebanyak 7 Desa,”ujar Rafael.

Karena itu pihaknya berharap agar dengan kegiatan respon covid 19 di Kabupaten Malaka hari ini semoga selama satu tahun kedepannya bersama-sama dengan semua elemen untuk mendukung kegiatan respon covid ini.

“Kita berharap semua elemen masyarakat bisa mendukung kami dalam kegiatan ini sehingga dalam satu tahun kedepannya ini dapat menekan angka penularan covid 19 di Kabupaten Malaka,”harap Rafael. (Gonza).

No More Posts Available.

No more pages to load.