Pada Tahun 2021, PT. Jasa Raharja NTT Bayar Santunan Kecelakaan Sebesar Rp.22 Miliar Lebih

oleh -298 views

Kupang,LikuraiOnline.com—Hingga Desember 2021, PT. Jasa Raharja NTT telah membayar santunan kecelakaan  sebesar Rp.22.337.663.22 (dua puluh dua milyar tiga ratus tiga puluh tujuh juta enam ratus enam puluh tiga ribu dua ratus dua puluh satu rupiah) kepada masyarakat NTT yang mengalami kecelakaan lalulintas.

Santunan Kecelakaan yang diserahkan tersebut terdiri dari beberapa kategori yang riciannya sebagai berikut, Santunan kepada korban kecelakaan yang meninggal dunia sebesar Rp.16.025.000.000, Santunan kepada korban kecelakaan yang mengalami luka-luka sebesar Rp.5.877.212.951.

Santunan kepada korban kecelakaan yang cacat tetap sebesar Rp. 223.750.000, Biaya Penguburan terhadap korban kecelakaan yang meninggal dunia sebesar Rp.24.000.000, Biaya Ambulace/P3K sebesar Rp.187.700.270.

Demikian disampaikan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Nusa Tenggara Timur, Nasjwin, A.md.IP, SE, AAAI – K, CPC, yang didampingi Kanit Operasional & Humas Eko Mulyanto SE, CRMO, AWP dan Kanit HC & Umum Febri Irawan, SE saat memaparkan peran & fungsi PT Jasa Raharja, bisnis proses pelayanan PT Jasa Raharja dan Kesiap siagaan dalam pengamananan Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kepada wartawan di Kupang, 30 Desember 2021.

Nasjwin mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, Jasa Raharja berbasis pada sistem pelayanan digital terpadu, yang terintegrasi dengan stakeholder mulai dari Laporan Kecelakaan online dan realtime dengan IRSMS Korlantas Polri dan host to host dengan Rumah Sakit.

Untuk korban luka-luka kata dia, akan ditindaklanjuti dengan system verifikasi rawatan online, realtime dan professional pada biaya rawatan korban, juga Kerjasama dengan holding farmasi untuk memastikan data penggunaan obat telah sesuai dan tak lupa sinergi dengan provider dan asuransi untuk jaminan pengobatan lanjutan.

Sementara Untuk korban meninggal Jasa Raharja memastikan kunjungan petugas kepada ahli waris korban, kemudian verifikasi keabsahan data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil dan system pembayaran secara cashless.

“Jasa Raharja memiliki target kecepatan dan kemudahan penyaluran santunan untuk masyarakat, s.d November 2021 berhasil memberikan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan layanan kepada masyarakat dimana dari target 3 hari penyerahan santunan meninggal dunia, PT Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Timur dapat merealisasikannya menjadi 1 hari 10 jam, capaian ini sesuai dengan target rata – rata nasional” Ujar Nasjwin.

Sementara itu untuk santunan luka-luka Jasa Raharja bekerjasama dengan 50 rumah sakit di seluruh Nusa Tenggara Timur sehingga 91,64% biaya rawatan dapat dibayarkan melalui mekanisme transfer kepada Rumah Sakit, yang berarti bahwa masyarakat tidak mengeluarkan biaya perawatan di rumah sakit karena sudah dijamin oleh Jasa Raharja sampai dengan Batasan biaya rawatan yang ditetapkan.

Capain ini parerel dengan kerjasama yang telah dilakukan PT Jasa Raharja dengan Rumah Sakit dimana PT Jasa Raharja Cabang NTT  telah menandatangani PKS dengan 50 Rumah Sakit yang tersebar di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penyelesaian Pembayaran Santunan Sejak berkas lengkap dapat diselesaikan dalam waktu 13 menit dari target yang ditentukan yakni 1 Jam.

Terkait upaya preventif, PT Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan stake holder di Provinsi NTT diantaranya Pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, BPTD Wil XIII, Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Pers untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat perihal upaya tertib lalu lintas, memasangan rambu – rambu peringatan di titik – titik rawan laka dan mengadakan FDG (Forum Diskusi Group) bersama Akademisi terkait terobosan kebijakan dalam upaya meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di Provinsi NTT.

PT Jasa Raharja NTT juga telah menghibahkan Mobil Ambulance Kepada Rumah Sakit Pemerintah Maupun Rumah Sakit Swasta di Provinsi NTT, upaya ini dilakukan untuk mengurangi fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, disamping itu PT Jasa Raharja Cabang NTT juga mengoperasikan Mobil Unit Kecelakaan Lalu Lintas ke Terminal – Terminal di Wilayah Provinsi NTT untuk memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi awak angkutan umum pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan MUKL ini secara periodik rutin di laksanakan di setiap kabupaten kota di seluruh provinsi NTT. Untuk kelancaran Kegiatan Pelayanan pengobatan gratis, PT Jasa Raharja bekerjasama dengan Biddokkes Polda NTT yang menyediakan dokter dan paramedis yang melakukan pemeriksaan di lapangan.

  (Lizer)

No More Posts Available.

No more pages to load.