Dispar Malaka Bersama DPRD Gelar Audiens Dengan Kemenparekraf RI

oleh -412 views

Malaka, Likuraionline.com–Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka bersama dengan komisi II DPRD Kabupaten Malaka melakukan audiens dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Rabu 6 April 2022.

Dalam audiens tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka Aloysius Werang dalam presentasinya menyampaikan bahwa sudah saatnya geliat pariwisata perbatasan dihidupkan dengan berbagai program dan kegiatan.

Lebih lanjut mantan Kepala Badan Keuangan Kabupaten Malaka itu bahwa program dan kegiatan merupakan rencana aksi yang disepakati melalui Focus Group Discusion Penta Helix pengembangan pariwisata Malaka yang digelar pada tanggal 15 Maret lalu bersama dengan stakeholder pariwisata Malaka.

Program dan kegiatan tersebut diantaranya rencana pengembangan atau rehabilitasi destinasi wisata Motadikin pasca badai Seroja. Pembangunan pantai Abudenok, Taberek, penangkaran buaya di teluk Maubesi dan komu lamea, rest area Weklese.

“Beberapa usulan program kegiatan tersebuat sebagian didanai dari APBD Kabupaten Malaka, diharapkan juga mendapat intervensi anggaran dari APBD Provinsi juga APBN melalui kementrian terkait, termasuk Kemenparekraf,”ujar Alo Werang.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Malaka, Hendrikus Fahik Taek pada kesempatan itu menambahkan perlu adanya dukungan dan perhatian konkrit dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membantu mengembangkan pariwisata di daerah perbatasan.

“Karena Kabupaten Malaka merupakan salah satu show window NKRI. Maka menjadi cerminan citra dan harga diri bangsa karena letak dan posisinya yang berbatasan langsung dengan wilayah darat laut dan udara dengan negara Timor Leste juga Australia,”jelas Hendrik Fahik.

Hendrikus Fahik pada akhir audiens mengundang Kementerian Pariwisata untuk menghadiri pagelaran festival atau event pariwisata yang akan digelar di Kabupaten Malaka.

Sementara itu dari pihak Kementerian Pariwisata Sesdep Oneng Setya Harini menyampaikan penghargaan kepada Pemkab Malaka bersama DPRD Kabupaten Malaka atas niat baiknya.

“Kita tidak berjanji tetapi akan memberikan perhatian dan dukungan kepada pengembangan pariwisata Malaka. Mengingat Malaka adalah daerah perbatasan.

Dengan mengangkat isi perbatasan kementerian Parekraf akan mengajak dan menggandeng kementerian dan lembaga terkait untuk mengembangkan pariwisata Malaka,”ungkapnya.

Hadir dalam audiens tersebut, dari unsur Pemda Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka Aloysius Werang, SH.,MH Kabag Keuangan Setwan Kabupaten Malaka, Pius Kehi.

Dari unsur legislatif hadir Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Malaka, Hendrikus Fahik Taek,SH Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Malaka Bernadette Luruk Seran,SP Wakil Ketua Komisi II Petrus Nahak, ST Sekertaris Komisi II Adrianus Nenometa, SH Marselina Febiyanti Fanu, Andreas Nahak Seran dan Antonius Un.

Sementara dari kementrian hadir Menteri Pariwisata yg diwakilkan Asdep Pengembangan Destinas Wilayah II, didampingi Tim Direktorat pengembangan destinasi II (pengampu area NTT) Faruk Alfian, Parlan, serta Ibu Nuke. (Gonza)

No More Posts Available.

No more pages to load.