Dies Natalis ke-10 Tahun SMA Raden Adjeng Kartini Gelar Misa Syukuran Dalam Bahasa Inggris

oleh -367 views

Malaka, Likuraionline.com–Rayakan dies natalis ke-10 tahun SMA Raden Adjeng Kartini Besikama menggelar upacara misa syukur dengan menggunakan bahasa inggris dari awal perayaan hingga akhir, Senin 9 Mei 2022.

Misa syukur yang dipimpin oleh pastor paroki St. Yohanes Baptista Besikama Cyrilius Oktovianus Timo, Pr itu diikuti dengan antusias oleh para siswa, guru-guru serta para tamu undangan yang hadir.

Seusai misa syukur, Ketua Yayasan Hyasintus Klau Uma Maktaen Maktihan, Robertus Belarmino Klau dalam sambutannya dirinya meminta kepada Pastor Paroki St. Yohanes Baptista Besikama untuk terus dilakukan perayaan liturgi menggunakan Bahasa Inggris di SMA Raden Adjeng Kartini.

“Dengan segala hormat kalau bisa dalam satu minggu itu paling tidak dilakukan misa di sini (SMA Raden Adjeng Kartini,Red) dua kali agar bisa terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam perayaan ekaristi,”ujar Roby Klau.

Dikatakannya, proses berdirinya SMA Raden Adjeng Kartini tidak terlepas dari yang tantangan. Namun, atas perjuangan panjang semua pihak tanpa disadari SMA Raden Adjeng Kartini saat ini telah memasuki usia satu dekade atau 10 tahun.

“Tanpa kita sadari, sekarang SMA Raden Adjeng Kartini sudah masuk 10 tahun. Banyak suka duka dan rintangan yang dihadapi.

Akan tetapi kita tidak menyombongkan diri karena keberhasilan saat ini tentu masih banyak tantangan kedepannya,”ungkap Roby Klau.

Dikatakannya lagi, pendidikan itu sangat penting karena tidak ada orang yang bisa bersaing dalam pembangunan tanpa pendidikan.

“Sistem pendidikan saat ini peserta didik dituntut untuk fokus sesuai dengan keahliannya masing-masing seperti keahliannya pada musik maka fokus menjadi pemusik yang handal serta keahliannya.

“Kita menaruh apresiasi kepada dunia pendidikan dan menjadi peserta yang kreatif agar mereka bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,”ungkap Roby Klau pemilik club sepak bola Respek OBM ini.

Lanjut, mantan Sekertaris Umum Immala Kupang tersebut, atas nama Ketua Yayasan dirinya menyampaikan apresiasi kepada para pendiri SMA Raden Adjeng Kartini Besikama, juga kepada semua tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh masyarakat Umatoos yang telah mengijinkan sampai berdirinya SMA Raden Adjeng Kartini.

Karena itu selaku Ketua Yayasan tentu dirinya memiliki tanggungjawab besar sekaligus menjadi pekerjaan rumah dalam memperhatikan kesejahteraan tenaga pengajar di SMA Raden Adjeng Kartini.

“Pekerjaan Rumah bagi saya itu adalah bagaimana memperhatikan kesejahteraan guru yang sudah mendidik peserta didik di sekolah ini,”sebut Roby.

Roby menambahkan bahwa pendidikan saat ini melalui program merdeka belajar maka SMA Raden Adjeng Kartini bekerjasama dengan beberapa komunitas yang bergerak di bidang literasi,seni dan lainya seperti komunitas Sasoka, Respect dan komunitas musik sehingga bisa mendidik peserta didik untuk menemukan keahlian masing-masing.

“Kita bekerjasama dengan komunitas-Komunitas ini untuk membangun pendidik di daerah kita khususnya SMA Raden Adjeng Kartini,”jelasnya.

Sementara itu, koordinator Pengawas SMA/SMK dan SMP Kabupaten Malaka, Drs. Yulius Bria Seran,MM mengatakan SMA Raden Ajeng Kartini Besikama sesuai dengan falsafah Habis Gelap Terbitlah Terang, dimana dengan topik ini seharusnya kedua SMA Raden Adjeng Kartini Besikama dan SMA Raden Adjeng Maktihan ini bisa menjadi terang perlahan-lahan di Kabupaten Malaka.

“Kita sekarang ini harus menjadi terang untuk sekolah yang lain yang diperlukan sekarang ini,”ujarnya.

Dikatakannya lagi, dengan adanya sekolah menerapkan Program Kemerdekaan Pendidikan sesungguhnya pendidik sekarang ini memenuhi kebutuhan dimana melihat pada keahlihan siswanya.

Dirinya menambahkan, dalam menjalankan tugas dalam
Dalam menjalankan tugas Dalam dipendidikan harus selalu menggunakan Kasih, sehingga Siswa bisa menjalankan proses belajar dengan baik. Satu-satunya Sekolah Penggerak yang ada di kabupaten Malaka

Terpisah Kepala Sekolah SMA Raden Adjeng Kartini Umatoos Besikama Herman Seran Bria, S. Pd, mengatakan bahwa dirinya sangat bangga karena perjuangannya selama ini membuahkan hasil dan sudah memasuki 1 Dekade.

Walaupun demikian dirinya tetap rendah hati dan akan terus berjuang agar sekolah yang di bina ini bisa menjadi sekolah terbaik di Kabupaten Malaka.

“Saya sangat bangga karena SMA Raden Adjeng Kartini Besikama satu-satunya menjadi Sekolah Penggerak di Kabupaten Malaka, jelas Herman,”jelas hal Herman Seran Bria.

Dalam acara syukuran 1 dekade SMA Raden Adjeng Kartini Besikama dikemas dengan berbagai macam jenis kegiatan diantaranya misa menggunakan bahasa inggris.

Selain itu, dalam acara tersebut diisi dengan berbagai jenis kegiatan lainnya seperti Tetrikal puisi, paduan suara siswa, stand up comedy, games, Kartini choice award, puisi berantai, pop singer dan live music, live art performance dan Malaka Tawa show.

Dalam acara dies natalis tahun ini juga diisi dengan memberikan penghargaan kepada Kartini Choice award kepada guru dan murid seperti guru terbaik, guru kreatif dan inovatif serta murid terbaik.

Dalam ajang Kartini Choice Award tersebut yang terpilih menjadi siswa terbaik SMA Raden Adjeng Kartini Umatoos yaitu Aurelia Wilfrida Seran, guru wanita terbaik ibu Maria Yenitriana Luruk Seran,S.Pd, guru pria terbaik Marselinus Yantonius Seran,S.Pd,.serta guru kreatif inovatif Oktovianus Klau,S.Pd.

Sementara dalam ajang Kartini Choice Award SMA Raden Adjeng Kartini Maktihan yang terpilih menjadi siswa terbaik adalah Maria Rosanti Teti, guru wanita terbaik Yosefina Hoar, S.Pd, guru pria terbaik Aloysius Gonzaga Klau, S.Pd, dan guru kreatif inovatif Ibu Yandrista Riwu,S.Pd. (Gonza).

No More Posts Available.

No more pages to load.