BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi di Kabupaten Malaka

oleh -318 views

Malaka, Likuraionline.com–BPJS Ketenagakerjaan Cabang Atambua melakukan sosialisasi pelaksanaan instruksi Presiden nomor 2 tahun 2021 dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan serta untuk menjamin perlindungan kepada pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja non Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Malaka di aula Susteran SsPs Betun Rabu 27 April 2022.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Atambua Nasrullah Umar dalam sambutannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensinkronkan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2021 untuk dapat terlaksana sampai tingkat daerah.

“Tujuan dari sosialisasi hari ini untuk mensejahterakan masyarakat pekerja di Kabupaten Malaka mulai dari resiko kecelakaan kerja sampai pada resiko kematian,”ujar Nasrullah Umar.

Lanjut Nasrullah, selain itu ada resiko hilang kerja dan meninggal dunia serta meninggalkan istri dan anak maka anak-anaknya bisa disekolahkan oleh BPJS ketenagakerjaan.

“kegiatan ini bertujuan untuk kesejahteraan para pekerja khususnya di Kabupaten Malaka,”ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten Malaka, BPJS ketenagakerjaan akan mulai merekrut kepesertaan mulai dari tenaga kontrak daerah, aparat desa, kader dan seluruh pekerja mandiri di Kabupaten Malaka.

“Kita mulai dulu dari tenaga kontrak daerah, setelah itu baru sampai pada aparat desa dan para kades serta linmas dan kemudian akan sampai pada seluruh masyarakat pekerja mandiri di Kabupaten Malaka,”jelasnya.

Pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka melalui Dinas Ketenagakerjaan dalam mendukung terselenggaranya kegiatan yang digelar tersebut.

Sementara itu, Asisten I Setda Malaka, Yos Pareira dalam arahannya mengatakan BPJS Ketenagakerjaan sangat penting dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“BPJS ini bukan hanya untuk ASN saja tetapi juga untuk kepentingan non ASN seperti tenaga kontrak,”ujar Yos Pareira.

Lanjut Yos Pareira, dalam setiap pekerjaan tentunya akan selalu ada yang namanya kecelakaan kerja karena itu tenaga kontrak di Kabupaten Malaka harus masuk dalam BPJS ketenagakerjaan.

“Ketika dalam bekerja terjadi sesuatu kita sudah ada jaminan, apapun yang menjadikan kewajiban BPJS pasti akan dilakukanya.

“BPJS akan membantu kita sepanjang kita masuk sebagai anggota ketenagakerjaan. Jika sudah jadi anggota  apabila terjadi kecelakaan maka kita akan dijamin oleh BPJS,”jelas Yos Pareira.

Karena itu menurut mantan Asisten III Setda Malaka itu, kehadiran tenaga kontrak untuk mengikuti kegiatan hari ini sangat penting untuk mengetahui manfaatnya BPJS.

Hadir dalam kegiatan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Atambua Nasrullah Umar, Asisten I Setda Kabupaten Malaka Yos Pareira dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malaka Vinsensius Babu (Gonza).

No More Posts Available.

No more pages to load.