Pemprov Apresiasi Turnamen Catur Yang Digelar Komunitas Catur NTT

oleh -165 views

Kupang,LikuraiOnline.com–Pemerintah Provinsi NTT mengapresiasi Turnamen Catur yang digelar oleh Komunitas Catur NTT.

Apresiasi tersebut tertuang dalam sambutan Gubernur NTT yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT, Wilem Enga,S.Pi,M.Si saat membuka kegiatan Turnamen Catur yang diselenggarakan di Aula El Tari, Kamis, 04 November 2021.

Ia mengatakan, cabang olahraga catur merupakan olahraga profesional yang dipertandingkan pada PON,SEA GAMES, Asian Games dan Olimpiade.  Olahraga catur diminati oleh hampir semua kalangan mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

“Olahraga ini diminati oleh semua kalangan karena olahraga catur dapat mengasah kecerdasan, analisis dan merancang strategi untuk mengalahkan lawan,” ungkap Wilem Enga.

Ia menambahkan, turnamen catur yang digelar oleh Komunitas Catur NTT ini merupakan momentum penting untuk mengasah kecerdasan para pecatur juga untuk mempersiapkan para pecatur guna mengikuti kegiatan di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Kegiatan ini juga untuk menjaring atlet-atlet Pecatur profesional yang akan disiapkan untuk mengikuti event-event di tingkat Nasional maupun internasional,”katanya.

Ketua Panitia kegiatan Turnamen Catur Piala Gubernur NTT 1 Tahun 2021 Jhon Da Caosta dalam laporan Panitia menjelaskan, Turnamen Catur yang digelar ini bertujuan untuk memperingati Hari Pahlawan (10 November 2021) juga sebagai motor penggerak untuk memicu dan memacu prestasi dari para atlet catur baik yang senior maupun yunior.

“Kegiatan ini digelar sejak tanggal 04 hingga 10 November 2021. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaring para pecatur potensial agar kedepan dapat mewakili NTT di tingkat Nasional maupun Internasional Nasional,”ungkap Pecatur yang pernah mewakili Korpri NTT di Manado dan Yogyakarta.

Ia menguraikan, peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti turnamen sebanyak 155 pecatur yang terdiri dari senior sebanyak 125 Pecatur dan yunior sebanyak 30 Pecatur.

Jhon Da Costa menguraikan, hadiah yang disiap untuk para juara sebagai berikut, untuk kategori Senior Juara I akan mendapat hadiah Rp. 5 Juta, Juara II Rp.3 Juta, Juara III Rp.2 Juta, Juara I V Rp.750 ribu, Juara V-X Rp.400 ribu, Juara XI-XX Rp.100 ribu.

Sementara hadiah untuk pecatur yunior Juara I mendapat hadiah Rp.1 Juta ditambah penghargaan, Juara II Rp.500 ribu ditambah penghargaan, Juara III Rp.400 ribu ditambah penghargaan, Juara IV-X mendapat hadiah Rp.100 ribu ditambah penghargaan.

Ia mengatakan, sistem pertandingan menggunakan sistem Swiss Manajer yakni Senior bertanding selama 11 babak dan yunior bertanding VIII babak.

Sementara wasit yang terlibat pada turnamen Catur Piala Gubernur NTT ke Tahun 2021 sebagai berikut,  Eldy CH. Nalle, WNP, Anthon Balukh, WN dan
Herry Messakh,WNP. (Lizer)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.