Warga Malaka Mulai Tanam Jagung MT 1

oleh -721 views

Betun, LikuraiOnline.com — Warga petani di Kabupaten Malaka bagian dataran memanfaatkan curah hujan yang cukup intens mengguyur Malaka sejak Selasa (31/12/2019 untuk menanam jagung Musim Tanam (MT) 1.

Terpantau di sejumlah lokasi, Sabtu (04/01/2020) warga secara bergotong – royong menanam jagung di kebun-kebun warga. Sebagaimana terpantau di kebun wartawan LikuraiOnline.com, John German Seran di Desa Rabasa Haerain, Kecamatan Malaka Barat.

Lahan seluas 1,9 Hektar yang diolah secara gratis tersebut sebagian ditanami jagung varietas Lamuru dan sebagian lagi ditanami jenis jagung putih lokal Malaka.

Kegiatan serupa terpantau di kebun milik Folgen Bria di Desa Halibasar, Kecamatan Wewiku. Folgen mengaku, waktu tanam jagung kali ini agak terlambat dari biasanya. Menurut dia, ini adalah nagiam dari pergeseran iklim global.

“Ini termasuk terlambat. Biasanya kita tanam di awal Desember. Mungkin ini adalah pergeseran musim”, ujarnya.

Kegiatan penanaman jagung juga terpantau di Beberapa kelompok tani binaan PPL, Yerem Nahak di Desa Laleten, Kecamatan Weliman, antara lain Kelompok Tani (Poktan Prima) Tani dan Poktan Loo Leolaran.

Tercatat 3 Poktan yang menanam jagung varietas Lamuru yang disediakan Pemerintah untuk mendukung program Revolusi Pertanian Malaka (RPM). 3 Poktan tersebut adalah Poktan Prima Tani, Loo Leolaran dan Lestari Cinta Malaka, dengan total lahan seluas 10 Hektar.*(john germanus)