Warga Kobalima Timur Usul Pembangun Jalan

oleh -152 views

Betun, LikuraiOnline.com — Warga Desa Alas dan Desa Kota Biru di Kecamatan Kobalima Timur mengusulkan pembangunan jalan di wilayah dua Desa tersebut.

Ruas jalan yang diusulkan warga adalah satu ruas jalan di Desa Kota Biru dan satu ruas jalan di Desa Alas.

Usulan tersebut didampaikan warga dua desa tersebut pada kesempatan Reses Masa Sidang I Tahun 2020 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malaka, Maria Fatima Seuk Kain, S.Sos, yang dilaksanakan di Kantor Desa Kota Biru, Kamis siang (19/03/2020).

Ruas Jalan yang diusulkan warga untuk dikerjakan di Desa Kota Biru adalah ruas jalan simpang SMP Negeri Kota Biru di Tamankakaluk menuju kali Mota Babulu sepanjang kurang lebih 6 Kilo Meter.

“Ruas Jalan tersebut dimanfaatkan oleh warga 3 dusun, yaitu Dusun Dusun Forek, Dusun Tamankakaluk dan Dusun Debukbabit.

Jalan ini juga, kami sebut Jalan Rohani, karena jalan ini yang biasanya digunakan umat Paroki Alas setiap tahun ketika menyambut Arca Bunda Maria dari Paroki sebelah di Mota Babulu”, ujar Marselinus Nai, salah satu warga Tamankakaluk.

Terhadap usulan ini, Merry Kain (Sapaan akrab Maria Fatima) menandaskan, dirinya akan memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan di Forek, Desa Kota Biru, Kecamatan Kobalima Timur, yang punya kenangan dalam perjalanan karier politiknya.

“Di Forek itu saya alami sendiri. Saya pernah tertahan di sana karena betapa beratnya kondisi infrastruktur di wilayah Forek”, tandas Merry.

Sementara, ruas jalan yang diusulkan warga Desa Alas untuk dikerjakan adalah lanjutan jalan lapen sepanjang 6 KM dari Kantor Camat Koba Lima Timur menuju Kali Mota Babulu.

Menurut warga, yang kemudian dipertegas Kepala Desa Alas, Siprianus Nahak Bauk, jalan ini dibutuhkan warga untuk mengakses Kali Babulu untuk eksplorasi Material galian C di Kali Mota Babulu.

Selain infrastruktur jalan, warga mengusulkan pembangunan air bersih bagi warga dua Desa, Rehab Berat Kapela Stasi Arnoldus Yansen Tamankakaluk dan pemberdayaan lelompok pemuda yang kebanyakan masih banyak menganggur.

Hadir dalam Reses Anggota DPRD Malaka, Maria Fatima Seuk Kain, S.Sos di Kantor Desa Kota Biru tersebut, Camat Kobalima Timur sekaligus Penjabat Desa Kotabiru, Wens Leky dan Kepala Desa Alas, Siprianus Nahak Bauk, serta BPD, Perangkat Desa serta Warga dua desa.

Maria Fatima Seuk Kain, S.Sos adalah Anggota DPRD Kabupaten Malaka dari Fraksi Partai Golkar. Dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKP), Anggota DPRD yang lolos mewakili Daerah Pemilihan Malaka I ini menjadi Anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Wakil Ketua Komisi III.*(john germanus)