Terkait Corona Virus, Direktur RSUPP Betun Terbitkan Instruksi Ini

oleh -557 views

Betun, LikuraiOnline.com — Direktur Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun, Kabupaten Malaka dr. Oktelin Kurniawati Kaswadie mengeluarkan Instruksi Direktur RSUPP Betun terkait merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beberapa waktu belakangan ini.

Instruksi Direktur RSUPP bernomor RSUPP.445/22/INS/III/2020 tertanggal16 Maret 2020 tersebut adalah Instruksi Direktur RSUPP Betun Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Desiase 2019 (Covid – 19) di RSUPP Betun.

“Bahwa dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun, maka dengan ini, Direktur RSUPP Betun menginstruksikan”, demikian pengantar Instruksi Direktur RSUPP yang tersebut, yang Copyannya diterima redaksi LikuraiOnline.com, Senin malam (16/03/2020).

Instruksi Direktur RSUPP Betun tersebut ditujukan kepada seluruh Staf serta seluruh Pengunjung Rumah Sakut Umun Penyangga Perbatasan Betun.

Selanjutnya, isi dari Instruksi Direktur RSUPP tersebut terdiri dari Lima Point, yaitu: Pertama, melakukan screening kepada demua orang termasuk petugas yang hendak memasuki areal RSUPP Betun dengan pengukuran suhu tubuh dan cuci tangan.

Ke dua, memberlakukan akses satu pintu bagi siapa saja yang hendak masuk ke areal RSUPP Betun, yaitu melalui gerbang Pos Satpam.

Ke tiga, meniadakan jam kunjung pasien untuk sementara waktu sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Ke empat, penunggu pasien hanya diperbolehkan 1 orang dan sudah dipastikan telah melalui proses screening. Ke lima, Menonaktifkan sementara mesin absen finger print dan dialihkan ke absen manual.

Untuk mendukung hal itu, kata dr. Oktelin, pihak RSUPP Betun telah menyediakan wastafel di pintu gerbang masuk areal RSUPP untuk cuci tangan WAJIB bagi semua yang masuk ke areal tersebut.

Pihak RSUPP juga telah menyediakan peralatan untuk screening suhu terhadap siapa saja yang akan memeasuki areal RSUPP Betun, termasuk para staf, sebagaimana terpantau pada Senin Pagi (16/03/2020), Pukul 07.30 Wita.*(john germanus)