Petani Sawah Di Desa Motaulun Bangga Tanam Padi Sistem Jajar Legowo

oleh -524 views

Betun, LikuraiOnline.com –– Pola tanam padi Jajar Legowo rupanya lagi menjadi trend baru di kalangan petani lahan basah di Kabupaten Malaka.

Petani sawah di Desa Motaulun, Kabupaten Malaka menanam padi dengan pola tanam Jajar Legowo.

Beberapa hari lalu, media ini mempublikasikan metode tanam padi ini di lahan persawahan milik warga di Desa Bakateu, Kecamatan Malaka Tengah.

Ternyata, pola tanam yang sama juga diterapkan di Desa Motaulun Kecamatan Malaka Barat.

Pantauan media ini di kawasan persawahan di Desa Motaulun, Rabu pagi (04/03/2020), sebagian lahan milik warga sudah ditanami padi dengan metode tanam Jajar Legowo (Jawo) 2:1.

Sebagaimana terpantau di lahan salah satu warga Desa Motaulun, Ann Bria, yang menurut pengakuannya baru ditanami padi kurang lebih seminggu atau tepatnya pada Hari Kamis (27/02/2020).

Dengan metode tanam jajar legowo ini, kata Ann, hasil panen padi lebih banyak dari pada cara tanam tradisional sebagaimana diterapkan petani di Malaka selama ini.

“Kita sekarang pakai metode Jajar Legowo karena dengan cara tanam jajar lego ini, kita peroleh hasil yang lebih memuaskan jika dibandingkan dengan cara tanam biasa”, ujarnya.

Terkait program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) yang sedang gencar dijalankan di Malaka saat ini, Ann mengatakan, sebagai masyarakat petani, dirinya selalu mendukung program, yang menurutnya berpihak pada masyarakat banyak.

“Program ini tentu sangat baik dan tepat bagi kami masyarakat petani. Saya pikir, kebanyakan masyarakat Malaka adalah petani, sehingga RPM tentu cocok untuk Malaka”, ujarnya.*(john german)