Pemekaran Kecamatan Malaka Tengah dan Rinhat Sudah Diusulkan Ke Pusat

oleh -1.044 views
Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rochus Gonzales Funay Seran, SSTP.,M.Ec.Dev

Malaka, Likuraionline.com–Pemerintah Kabupaten Malaka telah mengusulkan pemekaran Kecamatan Aintasi dari Kecamatan Induk Malaka Tengah dan Kecamatan Aburo dari Kecamatan Induk Kecamatan Rinhat ke Pemerintah Pusat dan hingga saat ini sementara dalam tahapan proses.

Rencana pemekaran ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk mempermudah penataan daerah.

Mengingat saat ini kita sedang dilanda bencana non alam yaitu Pandemi Covid 19 maka semua proses yang berkaitan dengan pembiayaan dipending sementara oleh Kemendagri sambil menunggu petunjuk lebih lanjut.

Demikian disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Malaka, dr. Meserasi Ataupah melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rochus Gonzales Funay Seran, SSTP.,M.Ec.Dev ketika dikonfirmasi media, Selasa 29/9/2020.

Dikatakannya, usulan pemekaran dua Kecamatan di Kabupaten Malaka itu sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu dan sampai saat ini masih dalam tahapan proses di Kemendagri.

“Dua Kecamatan yang diusulkan itu yakni Kecamatan Malaka Tengah yang akan dimekarkan menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Aintasi dan Kecamatan Rinhat yang akan dimekarkan juga menjadi dua Kecamatan dengan Kecamatan pemekarannya adalah Kecamatan Aburo,”ujar Rochus.

Lanjut Rochus, Proses pemekaran dua Kecamatan Kabupaten Malaka itu sudah diusulkan ke pusat karena hal itu adalah usulan masyarakat dan juga pemekaran kecamatan itu sangat penting untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk penataan daerah.

“Proses pemekaran kedua kecamatan tersebut sudah diusulkan kepada Pemerintah Pusat karena itu menjadi usulan masyarakat, dan juga pemekaran kecamatan itu sangat penting untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk penataan daerah,”jelasnya. (GONZA BRIA)