Melalui Calling Keliling, Pemda Malaka Terus Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona

oleh -232 views
Mobil Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malaka sejak Senin kemarin (23/03/2020) lakukan calling keliling di tempat-tempat umum.

Betun, LikuraiOnline.com — Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), termasuk sosialisasi melalui cara “Calling Keliling” dengan memanfaatkan mobil – mobil Dinas yang ada.

Catatan media ini, calling keliling sudah dilakukan Mobil Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sejak Senin kemarin (23/03/2020) di tempat-tempat umum. Hal yang sama dilakukan dengan menggunakan Mobil Ambulance milik tiap puskesmas di wilayah kerja masin-masing.

Dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa malam (24/03/2020), Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH mengatakan, Pemda Malaka akan lakukan berbagai cara untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus Corona, termasuk dengan cara calling keliling ke desa – desa.

Cara ini, menurut Bupati Malaka, dinilai cukup efektif karena pesan yang disampaikan melalui Calling Keliling akan langsung sampai ke telinga warga yang mendengarnya.

Melalui calling keliling tersebut, Pemda Malaka menyampaikan 8 point, yang intinya menghimbau agar masyarakat Malaka mewaspadai dan menjaga kesehatan diri dan keluarga agar terhindar dari penularan Covid-19, yaitu:

1. Menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

2. Apabila sakit flu disertai dengan batuk dan demam segera memeriksa diri di fasilitas kesehatan serta berusaha untuk tidak berada di tempat umum atau keramaian seperti pasar dan pesta, dianjurkan banyak istirahat makan yang teratur serta banyak minum air.

3. Bila bertemu keluarga atau teman, hindari untuk tidak berciuman tidak berjabat tangan dan cukup beri salam saja dengan gerakan tangan atau gerakan badan.

4. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan menggunakan sabun.

5. Masyarakat tidak perlu panik dan terpengaruh dengan berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat.

6. Masyarakat yang sehat tidak menggunakan masker kecuali yang sakit batuk pilek, agar tidak menularkan kepada orang lain.

7. Apabila ada anggota keluarga yang sakit dan menunjukkan gejala penyakit Covid-19 akibat virus Corona, seperti demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu segera berobat ke puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan lainnya.

8. Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas secara berkelompok dan menghindari kumpulan massa sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Bupati Malaka berharap, masyarakat bisa memahami dan melaksanakan himbauan tersebut agar bisa bersama-sama mencegah penyebaran infeksi Covid-19.*(john germanus)