KPU Segera Umumkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran Data Penduduk

oleh -289 views

Betun, Likuraionline.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka, Provinsi NTT segera mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) pasca selesainya kegiatan Pencoklitan oleh PPDP.

Saat ini, KPU sedang melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran oleh PPS.

Penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran ini berdasarkan hasil coklit yang dilakukan oleh PPDP selama kurang lebih satu bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 13 Agustus.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Malaka, melalui Jubir Yosef Nahak di ruang kerjanya, Rabu 19/08/2020.

Menurut Yos,  hasil pemutakhiran ini akan disusun ditingkat kecamatan oleh PPK pada tanggal 7 Agustus sampai dengan tanggal 29 Agustus.

Setelah itu akan direkap ditingkat kecamatan pada tanggal 2 September sampai dengan 4 September.

Kemudian akan dilakukan rekap hasil pemutakhiran tingkat KPU untuk dijadikan daftar pemilih sementara (Dps) pada tanggal 7 September sampai dengan 14 September 2020.

Lanjut Yos, DPS ini akan diturunkan kembali oleh PPS kepada masyarakat untuk mendapat tanggapan yang akan diumumkan pada 19 September sampai dengan 28 September 2020.

Pada saat pengumuman itu pemilih yang belum terdaftar dapat melaporkan diri kepada PPS sehingga pemilih yang bersangkutan dapat dimasukkan kedalam daftar pemilih sementara oleh PPS.

Yos Nahak menghimbau kepada masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukan sesegera mungkin untuk didaftarkan sebagai pemilih bagi masyarakat yang belum sempat didata pada saat pencoklitan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat untuk segera mengurus dokumen kependudukan berupa kartu keluarga dan KTP sehingga bagi yang belum terdaftar saat pencoklitan untuk melaporkan diri kepada PPS untuk didaftarkan sebagai daftar pemilih sementara”,ujar Yos.

Lanjut Yos, bahwa sekarang ini masih ada kesempatan untuk masyarakat yang belum terdaftar.

“Ini masih ada kesempatan untuk didaftarkan sebagai pemilih oleh PPS apabila dokumen kependudukan sudah lengkap”, tambahnya.

Ia menambahkan ,KPU Malaka mengucapkan terima kasih kepada PPDP yang sudah bekerja kurang lebih satu bulan dalam kegiatan pencoklitan, sehingga sampai dengan saat ini semua berjalan dengan lancar. (Gonza Bria)