KPU Malaka Pastikan Coklit Berjalan Lancar

oleh -796 views
Juru Bicara KPU Malaka, Yosef Nahak. (Foto : Gonza Bria)

Betun, LikuraiOnline.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka melalui Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) terus melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Malaka tahun 2020.

Pencocokan dan Penelitian (Coklit)  yang dilakukan oleh PPDP di Kabupaten Malaka memasuki tahap ke-3 dan segera dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka.

Laporan pencoklitan tahap ke-2 dari PPDP sudah dilaporkan pada tanggal (29/07) beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan dari PPDP pada saat pencoklitan tahap satu dan tahap dua dapat dilihat bahwa semua berjalan lancar tanpa kendala.

Untuk itu, KPU Pastikan bahwa kegiatan pencoklitan di Kabupaten Malaka berjalan lancar.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malaka, Makarius Bere Nahak melalui Juru Bicara Yosef Nahak di ruang kerjanya, Rabu 05/08/2020.

Menurut Yos, kegiatan pencoklitan ini akan berakhir pada tanggal 13 Agustus 2020. Saat ini PPDP masih sedang melakukan kegiatan pencoklitan tahap III di desa-desa.

“Kegiatan pencoklitan akan berakhir pada tanggal (13/08) dan sekarang ini PPDP sementara melakukan kegiatan pencoklitan di desa-desa karena ada beberapa TPS belum dilakukan pencoklitan” ujar Yos.

Lanjut Yos Nahak, PPDP segera menyampaikan laporan tahap ke-3 kegiatan pencoklitan kepada KPU Kabupaten Malaka terkait perkembangan kegiatan pencoklitan di lapangan.

Lanjutnya lagi, sesuai dengan hasil monitoring dari KPU bahwa sudah sebagian besar TPS telah selesai melakukan kegiatan pencoklitan, dan sementara ini PPDP sedang melakukan penyusunan laporan tahap ke-3 untuk dilaporkan ke KPU.

“Jadi kita menunggu laporan pencoklitan tahap tiga dari PPDP,” lanjut Yos Nahak.

ia menambahkan, seusai menerima laporan pencoklitan tahap III pihaknya akan menyusun menjadi laporan Pemutakhiran data pemilih oleh PPS dan kemudian akan disusun lagi secara berjenjang untuk menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

Selanjutnya kata dia, daftar pemilih sementara ini akan disusun lagi ditingkat KPU untuk ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara dan akan diumumkan oleh PPS untuk mendapat tanggapan dari masyarakat.

“KPU Malaka juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu aktif dan berpartisipasi dalam setiap rangkaian tahapan pilkada terlebih dalam masa pencoklitan ini. Tujuannya agar masyarakat dapat mengecek namanya apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih sementara atau belum.

Jika belum terdaftar supaya bisa didaftarkan dan dimasukkan dalam daftar pemilih sementara untuk mempunyai hak pilih nantinya”, pinta Alumni STISIP Fajar Timur Atambua ini. (Gonsa Bria)