KPU Malaka Distribusi APD Kepada PPK dan KPPS

oleh -288 views

Betun, Likuraionline.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka, Provinsi NTT selaku penyelenggara Pemilu mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk PPK dan KPPS yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malaka.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka, Makarius Bere Nahak, S.Fil saat memantau kegiatan packing APD oleh petugas di Sekretariat KPU Malaka, Senin 23/11/2020.

Dikatakan Makarius, logistik berupa APD untuk penyelenggara baik PPK maupun KPPS sudah ada dan saat ini sementara packing dan siap didistribusikan ke setiap Kecamatan.

Sedangkan untuk formulir, sedang dalam proses. Khusus surat suara dalam perjalanan karena perusahaan sudah mendistribusikan sehingga diperkirakan paling lambat tanggal 30 November sudah tiba di KPU Malaka.

“Setelah tiba surat suara maka kita agendakan mulai tanggal 1 Desember dilakukan sortir surat suara.

Kami sudah sampaikan ke petugas untuk wajib mengenakan masker. Artinya protokoler kesehatan itu wajib di terapkan karena kita sebagai contoh,” ujar Makarius.

Saat ini jelas Makarius, logistik seperti kotak suara, bilik suara dan peralatan pendukung lainnya sudah tiba di Betun.

Sehingga saat ini petugas sementara melakukan pengurusan terhadap kotak suara yang berjumlah sebanyak 407 buah yang terdiri dari 395 buah untuk TPS dan sisanya untuk 12 Kecamatan.

Sebelumnya, dijelaskan juru bicara KPU Yosef Nahak bahwa saat ini logistik Pilkada berupa kotak suara, bilik suara dan peralatan pendukung lainnya sudah tiba di Betun.

Kotak suara berjumlah 407 buah dengan rincian 395 untuk TPS, dan 12 lainnya untuk PPK di tingkat Kecamatan. Sementara itu bilik suara yang sudah ada sebanyak 1.580 dengan rincian setiap TPS 4 bilik suara.

Lanjut Yos, peralatan pendukung lain yang sudah ada seperti paku untuk mencoblos akan dibagi per TPS 4 buah, tinta sebanyak 790 botol akan dibagi setiap TPS 2 botol, serta kelengkapan lain berupa spidol besar dan kecil masing-masing 2 buah per TPS.

Kelengkapan lainnya berupa bulpen 5 buah per TPS, tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban TPS dan saksi Paslon. Sementara itu terkait dengan surat suara sedang dalam proses pengiriman, katanya. (Gonsa Bria)