Ketua DPRD Malaka Apresiasi BUMDES Badarai

oleh -248 views

Malaka, Likuraionline. com–Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran,SH mengapresiasi kehadiran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Badarai, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka.

Menurut ketua DPD II Partai Golkar Malaka ini kehadiran Bumdes Badarai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat.

“Kehadiran Bumdes Badarai dapat meningkatkan ekonomi dan taraf kehidupan masyarakat desa Badarai,”kata Adrianus Bria Seran saat ikut panen perdana ikan bandeng milik Bumdes Badarai Sabtu, 29 Agustus 2020.

Ia mengatakan, pembangunan tambak ikan bandeng yang dikelola oleh Bumdes Badarai merupakan pikiran cerdas dan ekonomis dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat desa setempat.

“Sebagai ketua Ketua DPRD Kabupaten Malaka saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas PMD Kabupaten Malaka bersama Kepala Desa Badarai serta seluruh jajarannya yang sudah berperan aktif membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini.

Keberadaan Bumdes ini mampu menangkap peluang untuk membangun usaha dan juga dapat mengoptimalkan potensi di desa,”ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu ini.

Lanjut Adrianus, tambak ikan yang dibagun oleh Bumdes Badarai Ini merupakan awal yang baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya meminta kepada para pengelola agar memikirkan kelestarian dan keberlanjutan budidaya ikan bandeng ini dengan membuat management pengelolaan yang baik agar berdampak kepada peningkatan ekonomi desa terutama untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,”katanya.

Pada kesempatan itu Tenaga Ahli Infrastruktur Desa P3MD Kabupaten Malaka, Absalom Baung, ST mengatakan, budidaya ikan bandeng tersebut sudah dibuat dalam grand design agro wisata perikanan darat yang meliputi kolam renang, gedung hall, taman rekreasi dan sejumlah fasilitas pendukung yang dibangun tahun 2020 dan 2021.

Baung berharap Ketua DPRD Kabupaten Malaka dapat membantu desa dengan mengalokasikan anggaran melalui kinerja APBD Malaka untuk membangun jalan akses masuk serta promosi di tingkat yang lebih luas.

Seperti disaksikan media ini Pembangunan tambak ikan bandeng di desa Badarai, Kecamatan Wewiku terdiri dari lima kolam ukuran 25×50 meter yang dibangun melalui dana desa tahun 2019 dengan total anggaran sebanyak Rp 600 juta.

Fasilitas nya meliputi pembangunan tambak 25×50 meter sebanyak 5 unit, sumur bor dalam dengan pompa dan pembangkitnya PLTS, pagar keliling kolam, bibit ikan dan pakan serta obat-obatan.

Hadir dalam acara panen perdana itu Ketua DPRD Malaka,Kepala Dinas PMD kabupaten Malaka, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Malaka, Camat Wewiku, Rohaniwan, Pengurus Bumdes, Toko masyarakat dan sejumlah undangan. (Gonza Bria)