Kapolda NTT Lakukan Kunjungan Kerja Di Malaka

oleh -184 views

Malaka, Likuraionline.com--Kapolda NTT bersama dengan ketua Bhayangkari NTT lakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Malaka, Rabu, 09/09/2020.

Kunjungan kerja Kapolda ke Malaka guna memastikan kesiapan Polres Malaka dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 yang sedianya akan digelar tanggal 09 Desember 2020 mendatang.

Pantauan media, Kunjungan Kapolda NTT dan ketua Bhayangkari disambut secara adat oleh Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno, SH, Sekertaris Daerah Kabupaten Malaka, Donatus Bere, SH, para Asisten, beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta beberapa tokoh masyarakat.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH.,M.Hum  dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja ke Kabupaten Malaka merupakan program prioritas untuk melihat kesiapan dari Polres yang akan menghadapi ajang Pemilihan Kepala Daerah dan wakil kepala daerah  pada bulan Desember nanti.

“Kunjungan ini merupakan sebuah program prioritas Polda NTT untuk memastikan kesiapan Polres jelang Pilkada pada bulan Desember mendatang,”kata Kapolda NTT.

Ia menjelaskan, terkait pengamanan Pilkada kedepan di Kabupaten Malaka, Polda NTT telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka agar sama-sama menjaga seluruh tahapan Pilkada agar berjalan lancar, aman dan tertib.

“Saya sudah komunikasikan dengan Sekda Malaka supaya bersama menjaga seluruh tahapan Pilkada agar berjalan aman dan sukses.

Dinamika politik itu pasti akan ada tetapi harus saling berkoordinasi sehingga dapat dideteksi sedini munkin untuk dilaporkan dengan cepat sehingga ditangani secara cepat pula,” katanya.

Dirinya mengakui ada kendala dan kekurangan yang dihadapi tetapi tetap melakukan pengawasan dan pengamanan bersama dengan penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

“Jangan lupa taati protokoler kesehatan, kita cegah klaster covid karena dalam tahapan Pilkada ada kumpulan massa oleh karena itu saya titip pesan melalui Kapolres Malaka sampaikan melalui paslon maupun tim agar jaga dan mentaati protokol kesehatan covid19,”katanya.

Sementara itu Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno, S.H dalam pemaparan materi soal keadaan kamtibmas di Malaka bahwa ada 127 desa tersebar di 12 kecamatan dan ada 9 polsek dengan jumlah penduduk Kabupaten Malaka sebanyak 188.210 jiwa dan batas wilayah Malaka dengan RDTL, Belu, TTS dan TTU.

Selain itu terkait dengan persiapan Pilkada, Albertus melaporkan bahwa tahapan Pilkada sudah berjalan, pada tanggal (4-6) September sudah dilakukan pendaftaran calon dan saat ini sedang melakukan pemeriksaan kesehatan di Kupang.

“Kami sudah persiapkan pengamanan terhadap dua bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malaka,” ungkap Kapolres Albert Neno. (Gonza Bria)