Kades Wehali Pimpin Warga Gelar Baksos Jumat Bersih

oleh -148 views

Betun, LikuraiOnline.com –– Desa Wehali du Kecamatan Malaka Tengah, sebagai Desa yang membawahi wulayah Kota Betun, Ibu Kota Kabupaten Malaka harus menjadi teladan dalam hal menjaga kebersihan dan keindahan.

Karena itu, setiap warga harus bertanggung jawab atas kebersihan dan keindahan halamannya masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepaa Desa Wehali, Yohanes Roby Tey Seran, kepada Wartawan diselah kegiatan bakti sosial (baksos) Jumat Bersih di wilayah Kota Betun, Jumat pagi (20/03/2020).

Kegiatan Jumat bersih yang dipimpin langsung Kepala Desa Wehali tersebut melibatkan Perangkat Desa Wehali, warga Penerima PKH, BPNT, BSPS Perumahan dan Masyarakat lain di 10 Dusun di Desa Wehalli.

“Wehali ini kan Desa Kota, karena itu kebersihan dan keindahan wilayah Desa Wehali menjadi sorotan.

Sehingga kami memberikan perhatian khusus pada kebersihan dan keindahan di wilayah ini, supaya bisa menjadi teladan bagi desa-desa lain”, ujar Roby.

Kebersihan lingkungan sekitar, tambab Roby, juga dimaksudkan untuk mengantisipasi penularan berbagai jenis penyakit berbasis lingkungan, deperti Demam Berdarah Dengue (DBD), yang biasanya mewabah pada musim penghujan seperti saat ini.

Di wilayah Desa Wehali sendiri, kata Roby, sudah ditemukan satu kasus positif Demam Berdarah Dengue (DBD), karena itu pihaknya terus berupaya mengajak masyarakat untuk menekan angka ini melalui aksi-aksi nyata pemberantasan sarang nyamuk, salah satunya melalui aksi pembersihan lingkungan.

Dengan memimpin langsung aksi Baksos seperti ini, Kades Roby berharap, bisa menjadi motivasi bagi warganya, segingga masing-maing Kepala Keluarga (KK) tergerak untuk membersihkan halaman rumahnya masing-masing.

Pantauan media ini, Bakti Sosial Jumat Bersih pagi itu menyasar sampah pada Saluran dan Got disekitar Pasar dan beberapa areal lain di Pusat Kota Betun, serta areal lain di wilayah Desa Wehali tersebut.

Sekretaris Desa Wehali, Hironimus R Y. Seran mengatakan, pihaknya telah menyampaikan pemberitahuan kepada warga di 10 Dusun di wilayah Desa Wehali terkait pembersihan halaman dan lingkungan sekitar.

“Kita sudah sampaikan kepada warga terkait hal ini dan kita akan terus pantau agar dilaksanakan dengan baik”, ujar Rony.

10 Dusun di wilayah Desa Wehali dimaksud adalah Dusun Laran A, Dusun Laran B, Dusun Misi, Dusun Wemalae A, Dusun Wemalae B, Dusun Pasar Baru A, Dusun Pasar Baru B, Dusun Bakateu A, Dusun Bakateu B, dan Dusun Pasar Lama.*(john germanus)