Jagung Dan Kacang Hijau Poktan Binaan RPM Tumbuh Subur

oleh -345 views

Betun, LikuraiOnline.com — Jagung dan Kacang Hijau di ladang anggota Kelompok Tani (Poktan) di Desa Laleten,  Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka yang mendapat bantuan dan pendampingan dari Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) tumbuh subur.

Laporan dari Penyuluh Pertanian Lapangan yang mendampingi 6 Poktan tersebut, Yeremias Nahak, saat ini, jagung dan kacang hijau pada lahan milik anggota 6 Poktan tersebut telah berbunga.

“Khusus untuk kacang hijau, varietas yang ditanam di Laleten, memungkinkan untuk 2 kali panen, dengan syarat bahwa cara paenennya dipetik, bukan dipatah. Setelah dipetik pertama, kacang akan berbuah lagi”, ujar Yerem.

Emerensianan R. Seran, salah satu dari anggota 6 Poktan dampingan RPM tersebut mengaku senang mendapatkan bantuan benih unggul, pupuk dan pendampingan dari Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Program Revolusi Pertanian Malaka.

Dirinya berharap, program RPM ini tetap dipertahankan di daerah ini, karena manfaatnya langsung dinikmati banyak masyarakat Malaka yang bermata pemcaharian bertani.

Diberitakan media ini sebelumnya, Enam Kelompok Tani tersebut, sebanyak 3 kelompok mendapat bantuan untuk budidaya jagung, yaitu Poktan Prima Tani, Poktan Lestari Cinta Malaka dan Poktan Lo’o Leolaran.

Sedangkan 3 Poktan lainnya budidaya kacang hijau, yakni Poktan Setia Makmur, Poktan Lo’o Molin dan Poktan Solidaritas.

Kepada 6 kelompok tersebut, masing-masing diberi bantuan bibit, pupuk, obat-obatan dan pendampingan oleh tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan.*(john germanus)