Hujan Intens Sepekan Terakhir, Pemkab Malaka: Petani Sudah Boleh Tanam Jagung

oleh -858 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Curah hujan yang intens di hampir seluruh Malaka selama sepekan terakhir, sejak 31 Desember 2019, sudah bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk menanam jagung Musim Tanam (MT) 1 tahun ini.

Berdasarkan data dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Nusa Tenggara Timir (NTT), wilayah NTT, termasuk Kabupaten Malaka, dalam dasarian I Januari tahun 2020, berpeluang hujan 101 hingga 150 mm.

Demikian disampaikan Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Teknis pelaksana program Revolusi Pertanian (RPM), Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), Ir. Yustinus Nahak, M.Si kepada Wartawan di Besikama, Minggu siang (05/01/2020).

“Para petani sudah boleh tanam karena hampir seluruh wilayah Malaka sudah mendapat hujan lebih dari dua kali.

Apalagi, berdasarkan data BMKG NTT, wilayah NTT dalam dasarian I Januari tahun 2020, berpeluang hujan 101 hingga 150 MM, termasuk Kabupaten Malaka”, ujar Yustinus.

Yustinus berharap, para petani memanfaatkan kesempatan untuk menanam, agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Karena, menurut pantauan puhaknya, curah hujan sudah hampir nenyeluruh di seluruh wilayah Kabupaten Malaka.

Pantauan wartawan, aktivitas tanam jagung di musim tanam pertama di kebun-kebun milik warga, khususnya di wilayah dataran, sudah terjadi sejak Kamis, 02 Januari.*(john germanus)