DWP Kabupaten Malaka Lakukan Kegiatan Pengolahan Pakan Ternak

oleh -260 views

Malaka, Likuraionline.com–Dharma Wanita Persatuan(DWP) Kabupaten Malaka menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak dan pengolahan hasil pakan ternak.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anggota agar dapat mengetahui bagaimana cara membuat makanan ternak untuk mengatasi kesulitan makan saat musim kemarau serta memberi gambaran untuk pengolahan makanan ternak seperti jerami dan rumput-rumputan untuk diolah dan diawetkan.

Kegiatan ini berlangsung di aula SMA Fajar Timur Kobalima, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat lalu 23/10/2020.

Kegiatan tersebut memberi pengetahuan kepada para peternak hewan agar dapat mengolah dedaunan dan rerumputan kering pada musim kemarau untuk mengatasi kesulitan makanan ternak pada musim kemarau saat makanan ternak sulit untuk didapatkan.

Ketua Persatuan Darma Wanita Kabupaten Malaka, Elisabeth Botha Bria Seran kepada media mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta yang mengikuti kegiatan agar dapat mengetahui bagaimana caranya membuat pakan ternak untuk bisa bertahan hidup di musim kemarau.

“Kegiatan ini bertujuan untuk Memberikan pelatihan kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini agar mengetahui bagaimana caranya tetap memelihara ternak dan bertahan hidup walaupun di musim kemarau”Ujar Elisabeth.

Menurutnya kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh para anggota PDW Kabupaten Malaka maupun Dharma Wanita Persatuan Dinas PKPO tetapi juga melibatkan para suami dari anggota DWP. Hal itu karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diketahui.

“Kegiatan ini berjumlah 60 peserta dari anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Malaka Dan Anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kebudayaan Dan Olahraga (PKPO) Termasuk Para suami dari anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Malaka,”jelasnya.

Elisabeth juga berharap agar semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat mempraktekkan agar pada musim kemarau semua hewan ternak yang dimiliki tetap dalam kualitas terbaik dan juga harga yang baik untuk tetap menjaga Kesejahteraan Ekonomi Keluarga masing-masing.

“Saya berharap agar semua peserta yang ikut kegiatan ini bisa dibawah ke rumah dan mempraktekkan supaya pada musim kemarau semua hewan ternak yang mereka miliki tetap dalam kualitas terbaik dan mempunyai kualitas harga yang baik untuk kesejahteraan ekonomi keluarga masing-masing, harap Elisabeth.

Untuk diketahui kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Malaka, Elisabeth Botha Bria Seran, serta yang menjadi narasumber adalah Dr. Gemini Malelak (Bagian Teknologi Hasil Ternak), Ir. Gusti Adu Yudiwati Lestari (Ahli Nutrisi Makan Ternak) dan Ir. Rosdeno Ratu (Ahli Ekonomi Usaha Tani dan Ternak). (Gonza Bria)