Dinas Dukcapil Malaka Kembali Buka Pelayanan e-KTP Untuk Masyarakat

oleh -295 views

Betun, Likuraionline.com–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malaka kembali membuka pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) kepada masyarakat Kabupaten Malaka setelah mendapat blangko sebanyak 16.000 keping dari Pemerintah Pusat melalui Penghubung  Nusa Tenggara Timur di Kupang.

Bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Dukcapil seperti pelayanan secara umum dan pelayanan yang dijadwalkan oleh Dukcapil.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka Ferdinandus Rame,S.Ip di ruang kerjanya, Senin 24/08/2020.

Kata Ferdinandus, pelayanan pembuatan E-KTP untuk saat ini dilakukan secara umum sambil diedarkan surat pemberitahuan kepada camat dan desa untuk jadwal pelayanan.

“Hari ini kita layani secara umum, jadi masyarakat yang hadir hari ini yang lengkap membawa dokumen kependudukan akan kita urus KTPnya hari ini juga dan sore sudah bisa ambil KTPnya masing-masing”,ujar Ferdinandus.

Pelayanan umum ini akan berlangsung kurang lebih sepekan, sambil kita edarkan surat pemberitahuan kepada camat dan desa terkait dengan jadwal pelayanan kepada masyarakat di desa-desa se Kabupaten Malaka.

Pelayanan terjadwal kata dia, baru bisa dilaksanakan pada Minggu depan karena dalam Minggu ini kita masih edarkan suratnya dulu.

“Kita akan buatkan jadwal untuk pelayanan per kecamatan dan kita targetkan satu hari melayani 4 kecamatan, dan jadwal itu akan berlaku hari Senin depan”, kata Ferdinandus.

Pelayanan sesuai jadwal ini kita lakukan untuk menghindari kerumunan banyak orang di kantor, sehingga dalam pelayanan kita tetap menjaga protokol kesehatan covid 19.

Lanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Dinas Dukcapil Malaka gunakan 2 buah mesin. Targetnya setiap hari 300 buah KTP yang dicetak.

“Sekarang kita gunakan 2 mesin untuk cetak dengan target 300 buah perharinya, tetapi kita masih melihat hasil hari ini apabila tidak mampu sampai 300 buah maka akan dikurangi pelayanan setiap harinya dengan 200 buah”, tambahnya

Dalam proses pelayanan ini Dukcapil menargetkan 12.000 buah KTP dalam tempo waktu 60 hari kerja.

Ferdinandus juga memastikan, sebelum pilkada semua masyarakat Kabupaten Malaka sudah harus memilki KTP sehingga bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Malaka 9 Desember mendatang.

Ferdinandus juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malaka untuk mengurus  dokumen kependudukan di kantor Dinas Dukcapil Malaka. (Gonsa Bria)