Bupati Malaka: Semua Sekolah Di Malaka Libur Sesuai Instruksi Gubernur NTT

oleh -352 views
Bupati Malaka dr.Stefanus Bria Seran,MPH.

Betun, LikuraiOnline.com — Menyusul diterbitkannya Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 443/100/PK/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tertanggal 18 Maret 2020, Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH meliburkan semua sekolah di wilayah Kabupaten Malaka, mulai Jimat (20/03/2020) hingga Sabtu (04/04/2020).

Dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Kamis Malam (19/03/2020), Bupati Malaka mengungkapkan, sebagai pemerintahan di bawah, pihaknya taat pada Instruksi Pemerintahan di atasnya, dalam hal ini Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Menurut Bupati Malaka, Instruksi Gubernur NTT tersebut pada prinsipnya menginstruksikan agar semua peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Nusa Tenggara Timur dirumahkan untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19.

“Sebagai Pemerintahan di bawah, kita taat pada Instruksi Bapak Gubernur NTT ini dan kita telah istruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk meliburkan sekolah-sekolah sesuai dengan instruksi tersebut”, ungkap Bupati Malaka.

Walau diliburkan, sesuai Instruksi Gubernur NTT tersebut, para guru tetap harus mempersiapkan bahan ajar dan tetap melakukan pembelajaran menggunakan beberapa metode, seperti, Online, Offline maupun penugasan (secara terperinci dapat dibaca pada Foto).

Para orangtua diminta untuk memantau aktivitas belajar anak selama di rumah serta bertanggung jawab membatasi dan mengontrol aktivitas anak selama di luar rumah.

Kepada para peserta didik, diinstruksikan untuk wajib berada di rumah dan tidak bepergian ke mana-mana. Jika sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di daerah terpapar, maka sekembalinya ke rumah, dilarang untuk ke luar rumah selama 14 hari.

Selain meliburkan sekolah-sekolah, Instruksi Gubernur NTT tersebut juga menunda pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat SMA/ MA/ SMTK/ SMAK hingga waktu yang tidak ditentukan. Instruksi Guberbur tersebut mngingatkan pihak sekolah untuk memperhatikan proses pengamanan sekolah sesuai Standar Operasional Prosedur yang berlaku.

Bupati Malaka juga mengingatkan warga Malaka untuk tidak panik menghadapi hiruk-pikuk informasi terkait Corona Virus, tetapi melakukan aktivitas seperti biasa tanpa ada ketakutan yang berlebihan yang mempengaruhi dinamika kehidupan setiap hari.

Bupati mengingatkan, tips sederhana untuk mencegah corona virus adalah menjaga daya tahan tubuh. Karena menurut riset, Corona Virus mudah menyerang seseorang karena menurunnya imun tubuh.

Kepada para Pejabat dan ASN di lingkup Pemkab Malaka, Bupati Malaka menghimbau agar mengurangi perjalanan dinas ke luar daerah, jika tidak terlalu urgent.

Selain Corona Virus, Bupati Malaka menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Malaka untuk mencegah penularan berbagai jenis penyakit berbasis lingkungan yang sedang ada di Malaka, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), melalui beberapa tips sederhana, yakni, menjaga kebersihan diri, keluarga, lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat; Bila sakit flu disertai dengan batuk dan demam, segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan serta berusaha untuk tidak berada di kerumunan seperti pasar, pesta dan sebagainya.

Beristirahat, makan yang teratur serta banyak minum air; Menghindari (bila bertemu keluarga atau teman) untuk tidak berciuman, tidak berjabat tangan, cukup beri salam saja degan gerakan-gerakan tangan atau gerakan badan saja; Masyarakat tidak perlu panik dan terpengaruh dengan berita-berita hoaks yang meresahkan masyarakat; Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan; dan Kepada masyarakat lakukan aktivitas seperti  biasa tanpa ada ketakutan yang berlebihan yang mempengaruhi dinamika kehidupan sehari-hari.*(john germanus)