BP2P Wilayah Nusa Tenggara II Bangun 450 Unit Rumah Layak Huni Untuk Masyarakat Belu dan Malaka

oleh -820 views
Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Nusa Tenggara II, Yublina D.Bunga,ST.,MT (Foto : Yulius Seran)

Kupang,LikuraiOnline.com—Tahun Anggaran 2020, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (Bp2PK) Wilayah Nusa Tenggara II melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) membangun 450 unit rumah layak huni kepada masyarakat di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Demikian disampaikan Kepala Balai Pelaksana penyediaan Perumahan Wilayah Nusa Tenggara II, Yublina D.Bunga,ST.MT kepada wartawan Rabu 8 Maret 2020.

Ia menjelaskan, 450 unit rumah layak huni yang di bangun tahun ini, sebanyak 350 unit rumah layak huni akan dibangun di Kabupaten Belu dan 100 unit rumah akan dibangun di Kabupaten Malaka.

“Tahun ini melalui Program Bantuan Stimulan Perumhan Swadaya (BSPS) kita membangun 350 unit rumah layak huni di Kabupaten Belu yang tersebar di 9 Desa di lima kecamatan. Sedangkan di Kabupaten Malaka kita akan membangun 100 unit rumah di 2 Desa yang ada di 2 Kecamatan,”kata Yublina D.Bunga.

Ia menambahkan, total Anggaran untuk pembangunan 350 unit rumah layak huni di Kabupaten Belu sebanyak Rp.6.125.000.000 dan total dana untuk pembangunan 100 unit rumah layak huni di Kabupaten Malaka  sebanyak Rp. 1.750.000.000.

Ia menjelaskan, data masyarakat penerima bantuan rumah layak huni diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Setelah data dari kabupaten/Kota diterima oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Nusa Tenggara II selanjutnya dikirim ke Kementerian PUPR untuk ditetapkan melalui Surat Keputusan Dirjen Penyediaan Perumahan.

“Ketika Pemerintah Kabupaten/Kota mengirimkan data ke BP2P Wilayah Nusa Tenggara II sudah ada nama-nama masyarakat yang menerima bantuan.  Setelah kami terima SK dari Dirjen baru kami bentuk tim teknis untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,”ungkap Yublina Bunga. (Yulius)