3 Poktan Di Weliman Tanam Kacang Hijau

oleh -754 views

Betun, LikuraiOnline.com –– Sebanyak 3 kelompok tani (Poktan) di Desa Laleten, Kecamatan Weliman mendapat bantuan benih kacang hijau untuk ditanam pada musim tanam (MT) 1, dari Pemerintah Kabupaten Malaka, Sabtu (04/01/2020).

3 Kelompok Tani (Poktan) tersebut adalah Poktan Setia Makmur, Lo’o Molin dan poktan Solidaritas.

Selain menerima bantuan benih kacang hijauh, 3 kelompok tani tersebut menerima bantuan pupuk.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS) yang dikonfirmasi melalui Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), Ir. Yustinus Nahak, M.Si, Minggu (05/01/2020) menjelaskan, penyediaan benih dan pupuk merupakan salah satu implementasi program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) usungan Bupati Malaka, SBS.

“Selain bibit jagung, kita siapkan juga bibit kacang hijau untuk ditanam pada musim tanam pertama ini. Dan itu kita sudah diatribusikan untuk di Laleten kemarin (Sabtu, red) dan kita harapkan masyarakat penerima bisa memanfaatkan itu dengan baik”, ujar Yustinus.

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang bertugas di Kecamatan Weliman, Yerem Nahak, yang dikonfirmasi media ini membenarkan pendistribusian benih kacang hijau dan pupuk tersebut.

“Betul, kita sudah distribusi kemarin untuk ditanam. Panennya bisa dua kali, karena setelah dipetik pertama masih bisa berbuah lagi”, jelasnya.

Yerem menambahkan, selain kompok tani yang menanam kacang hijau, di Desa Laleten terdapat beberapa kelompok lain yang menanam jagung dan padi.*(john germanus)