Warga Translok Kapitanmeo Dapat Pembekalan Pertanian

oleh -658 views

Betun, LikuraiOnline.com — 75 warga Transmigrasi Lokal (Translok) Kapitanmeo di Desa Kapitanmeo, Kecamatan Laenmane, Kabupaten Malaka mengikuti pelatihan pertanian sebagai bekal hidup di kawasan translok tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malaka, Vinsensius Babu, S.Ip kepada wartawan di kawasan translok tersebut, Jumat (25/10/2019) mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan proses mempersiapkan warga transmigran dengan maksud bisa mengoptimalkan lahan pekarangan dan lahan usaha yang disediakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Selain menyediakan sara rumah dan lahan pekarangan serta lahan usaha, kita juga bekali warga transmigran agar bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan baik untuk mencukupi kebutuhan hidupnya”, jelas Vinsen.

Vinsen menambahkan, dalam satu tahun pertama, Pemerintah membantu menyediakan jaminan hidup (jadup) berupa penyediaan bahan sembako yang disalurkan secara gratis kepada warga transmigran.

Vinsen berharap, melalui kegiatan pembekalan tentang cara bertani, sekaligus penyediaan bantuan alat pertanian yang ada, bisa memacu semangat para warga transmigran untuk mengolah lahan yang ada sehingga warga sudah bisa mandiri setelah masa penyediaan jaminan hidup oleh Pemerintah tersebut berakhir.

Pelatihan yang digelar tanggal 17 hingga 23 Oktober tersebut diprakarsai oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dengan menghadirkan instruktur dari Balai Latihan Masyarakat (BLM) Kemendes PDTT Denpasar dan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malaka.*(john germanus)