Warga Malaka Tengah Mulai Siapkan Lahan Jelang Musim Tanam Ke Dua

oleh -1.243 views
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Ir. Yustinus Nahak, M.Si

Betun, LikuraiOnline.com — Warga beberapa desa di sekitar kawasan persawahan Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka mulai menyiapkan lahan untuk musim tanam ke dua tahun ini.

Pantauan awak media, warga yang sudah panen musim tanam pertama lebih awal sedang membajak lahan yang akan ditanami padi pada musim tanam ke dua.

Benyamin Bria, warga petani yang ditemui di lokasi persawahan Desa Bakateu Kecamatan Malaka Tengah, Selasa (28/05/2019) mengatakan, padi di sawahnya sudah dipanen sejak awal Mei tahun ini, sehingga enam petak sawah miliknya tersebut sedang dibajak lagi untuk ditanami kembali.

“Kita panen awal Mei sehinga sudah harus bajak lagi untuk tanam musim kedua”, ungkap Benyamin.

Benyamin bersama para petani lainnya memgaku senang karena pasokan air ke lokasi tersebut cukup lancar sehingga pemanfaatan lahan bisa optimal.

Hal senada diungkapkan Manuel Benani, warga Desa Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah.

Menurut warga Translok Harekakae ini, persiapan lahan untuk musim tanam ke dua ini cukup lancar dengan bantuan hantraktor yang diadakan Pemkab Malaka kepada kelompok tani.

“Kita sangat terbantu dengan adanya handtractor bantuan dari Pemerintah Kabupaten Malaka kepada kelompok tani kita, sehingga semua pekerjaan kita jadi lancar”, ungkapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Ir. Yustinus Nahak, M.Si yang dikonfirmasi media ini, Selasa (28/05/2019) mengakui, berdasarkan data yang berhasil dihimpun pihaknya, sebagian lahan sudah ditanami padi musim tanam ke dua, sedangkan sebagian lahan sedang dipersiapkan.

Menurut Yustinus, pemerintah mencanangkan penanaman padi untuk musim tanam ke dua seluas 2.500 hektar, namun karena panen musim panen pertama sedang berjalan, maka luas lahan yang sudah ditanami untuk musim tanam ke dua ini baru 10 hektar.

“Kita targetkan Dua Ribu Lima Ratus hektar. Karena panen musim pertama sedang berjalan, maka sebagian besar sedang dalam persiapan untuk musim tanam ke dua.

Sementara, data yang kita himpun, sudah ada 10 Hektar yang ditanam”, ujar Yustinus.*(john germanus)