Warga Malaka Panen Jagung Musim Tanam Pertama

oleh -1.564 views

Betun, LikuraiOnline.com — Para petani lahan kering di Kabupaten Malaka sudah mulai panen jagung musim tanam pertama.

Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Holtikultura dan Perkebunan, Ir. Yustinus Nahak, M,Si yang ditemui media ini di Betun, Sabtu (30/3/2019) membenarkan hal itu.

Yustinus mengatakan, panen jagung di Kabupaten Malaka terjadi tidak serentak sesuai waktu tanam yang berbeda antara wilayah dataran dan wilayah pegunungan.

“Memang antara wilayah dataran rendah dan pegunungan ada perbedaan awal musim penghujan yang berakibat pada perbedaan waktu tanam.

Untuk wilayah pegunungan, waktu tanam cenderung lebiih awal dari pada wilayah dataran”,  jelas Yustinus.

Pada musim tanam tahun ini, para petani di wilayah pegunungan sudah tanam jagung di akhir November 2018,  sedangkan wilayah dataran rendah baru tanam di pertengahan sampai akhir Desember.

“Jadi saat ini, para petani di wilayah dataran baru mulai panen jagung, sedangkan di wilayah pegunungan sudah panen sejak akhir Februari”,  jelas Yustinus.

Terkait target panen jagung di musim tanam pertama tahun ini, Yustinus mengatakan, panen tahun ini diperkirakan melampaui target.

“Awalnya kita ragu karena hujan di wilayah dataran datang sangat terlambat. Malah sampai akhir Desember belum ada hujan. Tapi akhirnya hujan datang dan masyarakat bisa tanam jagung”,  tutur Yustinus.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, penanaman jagung pada musim tanam pertama tahun ini melebihi 20 ribu hektar, nyaris mencapai target yang dicanangkan Pemkab Malaka tahun ini, yakni 22 hektar.

Pantauan media ini, pada daerah dataran tinggi seperti di wilayah Kobalima, Kobalima Timur, Malaka Timur, Laenmanen, Iokufeu, Sasitamean dan Botin Leobele sudah terjadi panen sejak akhir  Februari.

Sedangkan di dataran rendah seperti wilayah Malaka Tengah, Weliman, Weiku dan Malaka Bara,  rata-rata panen jagung baru mulai pada akhir Maret.*(john germanus/user)