Wakili NTT di Tingkat Nasional, Viona Loes Ingin Bentuk Forum Osis Kabupaten Malaka

oleh -1.250 views

Malaka,Likuraionline.com–Ramah dan sopan. Ini kesan awal yang kami dapat ketika menemui Viona di sela kesibukannya mengikuti lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA se-Kabupaten Malaka di SMA Negeri Malaka Barat, Senin (04/06/2019).

Nama lengkapnya Virgitha Viona Loes. Ia adalah puteri ke dua pasangan Vincentius Loes dan Brynsyna Elfrida klau yang lahir di Atambua, 15 Juni 2003.

Sekilas, orang tidak akan menyangka kalau remaja hitam manis ini menyimpan segudang bakat dan prestasi.

Bahkan, tidak banyak orang yang tahu jika gadis yang selalu tertawa ini pernah mewakili Nusa Tenggara Timur untuk kegiatan tingat nasional.

“Waktu itu Viona dan Tujuh teman lainnya dari beberapa kabupaten lain mewakili Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar atau KKP tingkat Nasional di Bogor”, kenang siswi kelas 2 IPA SMA Negeri 1 Malaka Barat ini.

KKP diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan SMA dengan tujuan melatih siswa untuk menghimpun ide, berpikir kritis, hingga mampu untuk melahirkan solusi-solusi yang kreatif dan inovatif terhadap permasalahan yang dihadapi dirinya, lingkungan, hingga negara.

KKP juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan serta kebersamaan antar peserta yang berasal dari berbagai pelosok tanah air.

KKP sekaligus diharapkan dapat menjadi wadah religiusitas bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan diri  menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Banyak hal yang dilakukan Viona dan teman-temannya dari seluruh Indonesia dalam kegiatan tersebut. Mulai dari seminar-seminar tentang hoaks, narkoba dan kepemimpinan, kunjungan wisata edukatif hingga pentas budaya daerah dari setiap Provinsi.

“Waktu pentas budaya, kita dari NTT bawakan tarian Ovalangga dari Rote Ndao, tetapi kita kenakan busana daerah masing-masing. Jadi Viona kenakan busana adat Malaka di sana. Viona pakai Tais Marobo kebanggaan rakyant Malaka”, ujarnya bangga.

Karena terkesan pada kegiatan yang melibatkan banyak siswa dari berbagai daerah tersebut, Viona terinspirasi untuk menghimpun siswa SMA sekabupaten Malaka dalam Forum OSIS.

“Viona sudah bahas rencana untuk bikin Forum Osis Kabupatrn Malaka. Mungkin melalui forum itu kita bisa buat banyak hal, seperti Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK”, tandas Ketua Osis SMA Negeri Malaka Barat ini.

Kepada teman-teman seperjuangan di SMAN Malaka Barat khususnya dan di Kabupaten Malaka pada umumnya Viona berpesan agar menghindari hal-hal negatif seperti Narkoba dan Alkohol serta tawuran remaja.

“Supaya kita manfaatkan waktu kita dengan baik untuk melakukan hal-hal positif”, ujar penggemar literasi ini.

Terkait cita-cita, Viona berujar, sudah bulat trkadnya untuk menjadi orang yang berguna bagi banyak orang. Apa itu?

“Kalau cita-cita, Viona ingin jadi Dokter. Ini sudah harga mati”, pungkas Viona?*(john germanus, LikuraiOnline.com Makaja)