Undarma Kupang Bertekad Tingkatkan Mutu Pendidikan 

oleh -742 views

Kupang, LikuraiOnline.Com.. Universitas Karya Darma (Undarma) Kupang sebagai salah satu Unversitas Swasta di Provinsi NTT bertekad meningkatkan mutu pendidikan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa NTT Yonathan Jawu Pote Wali,S.Pd di ruang kerjanya, Jumat 11/10/2019.

Jonathan menguraikan, fungsi dan standar pendidikan nasional umumnya menekankan kepada perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Ia menjelaskan, terkait  pengembangan Undarma Kupang kedepan, pihak yayasan terus melakukan langkah-langkah strategis guna pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi yang mencakup tingkat kompetensi sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas, pikah yayasan Undarma Kupang terus berupaya untuk melakukan proses pengajaran yang interaktif, menyiapkan program inspiratif guna mendorong mahasiswa untuk  mengembangkan keterampilannya sesuai minat dan bakat masing-masing.

Pihak Yayasan juga menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai kebutuhan yang memadai diantaranya melalui pengembangan ruang kelas, ruang perpustakaan dan fasilitas pendukung lainnya yang menunjang layanan pendididkan  di Universitas Karyadarma Kupang menuju sistem yang berkualitas dan mandiri.

ia mengatakan, Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Karya Darma Kupang yang berkualitas terus dilakukan dengan kegiatan Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah VIII.

“Universitas Karyadarma Kupang dalam menjalankan tugas dan perannya mengacu pada aturan yang dikeluarkan DIKTI sesuai UU Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi sebagaimana pada “Pasal 62 (1) menjelaskan bahwa  Perguruan Tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan Tridharma. (2) Otonomi pengelolaan Perguruan Tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan dasar dan tujuan serta kemampuan Perguruan Tinggi.

(3)Dasar dan tujuan serta kemampuan Perguruan Tinggi untuk melaksanakan otonomi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dievaluasi secara mandiri oleh Perguruan Tinggi.  Otonomi pengelolaan pada Undarma berupa Akademik dan Non Akademik dilaksanakan berdasarkan prinsip akuntabilitas,transparansi,nirlaba,penjaminan mutu, dan efektivitas.

Ketua Dewan Pembina Undarma Kupang Hery Wadu juga mendukung layanan pendidikan mulai dari proses seleksi dosen dan karyawan dilakukan secara profesional melalui beberapa tahap sesuai peraturan tentang registrasi dosen melalui tahapan yakni diumumkan formasi penerimaan dosen, selanjutnya dilakukan tes akademik dan wawancara, Dosen yang dinyatakan lolos seleksi dilakukan penandatanganan perjanjian kerja dan diterbitkan SK pengangkatan oleh Yayasan sebagai syarat pengajuan NIDN.

Dokumen tersebut di Upload oleh Operator Universitas ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi untuk diverifikasi dan divalidasi terlebih dahulu oleh Kopertis/ LLDIKTI, jika dinyatakan valid, diteruskan ke Kemenristekdikti untuk dilakukan validasi akhir untuk menerbitkan NIDN, Dosen tersebut jika lolos verifikasi maka berhak melaksanakan pendidikan/pengajaran dengan status sebagai tenaga pengajar dan/atau menerima tugas tambahan lainnya minimal satu (1) tahun dan maximal 4 (empat) tahun sudah harus memiliki jabatan fungsional akademik.,

Dosen yang bersangkutan mendapatkan surat Rekomendasi melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi (STPT ) dari Rektor sebagai dasar pembayaran gaji tetap sedangkan dosen yang belum mendapatkan STPT diberikan honor mengajar per SKS sesuai pembebanan mengajar.  Semua hal yang berkaitan dengan tenaga Pendidik (dosen) dan tenaga administrasi telah diatur dengan peraturan pokok-pokok kepegawaian yayasan.

Ia menegaskan melalui komitmen yang kuat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa pihak undarma Kupang sudah mencetak 202 Sarjana, melakukan akreditasi dengan sepuluh Program Studi dan hingga saat ini memiliki 707 mahasiswa,lima dosen tetap,59 orang dosen honorer dan 10 orang karyawan.(Marfin).