Umat Muslim Di Malaka Ikut Pengamanan Ibadah Paskah

oleh -1.721 views

Betun, LikuraiOnline.com — Warga Nahdalatul Ulama (NU) di Kabupaten Malaka terlibat aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi umat Kristiani di Kabupaten Malaka untuk menjalankan ibadah Hari Raya Paskah.

Sebagaimana terlihat pada Ibadat Jalan Salib yang digelar umat Ktolik di Gua Lourdes Tubaki, Betun, Jumat (20/04/2019).

Ketua Nahdalatul Ulama (NU) Kabupaten Malaka, Zainul Muttaqin memimpin langsung umat muslim menjaga keamanan dan ketertiban Jalan Salib Hidup tersebut.

Zainal ketika ditemui wartawan di lokasi ibadat menjelaskan,
keterlibatan NU dalam mengamankan ibadah akbar yang dilaksanakan umat Katolik bukan baru sekali ini.

“NU terlibat dalam kegiatan seperti ini sudah sejak dulu . NU bersama umat Islam Malaka  tetap hidup rukun dengan menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Malaka”, kata  Zainul

Selain NU, sebut Zainul, Pemuda Ansor sebagai organisasi sayap otonom NU juga dilibatkan dalam mengamankan kegiatan jalan salib di Kabupaten Malaka

“Indonesia ini adalah sebuah negara besar yang terdiri dari berbagai suku, agama dan golongan. Tetapi, ideologi kita adalah Pancasila.

Pancasila yang mengikat kita. Sehingga, semua perbedaan itu bukan untuk memecah-belah kita tetapi menjadi kekuatan untuk kita tetap bersatu dan berdaulat  mempertahankan Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI”, tandas Zainal.

Ketua Pemuda Ansor Kabupaten Malaka Yulianto mengatakan, keterlibatan Pemuda Ansor bersama-sama dengan NU merupakan komitmen organisasi untuk tetap menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“Kita tidak menginginkan terjadinya  hal-hal  yang tidak kita inginkan bersama karna di kabupaten Malaka tolerensi umat beragam sangat rukun sejak dulu “, kata Yulianto.*(john germanus)