Tujuh Puskesmas di Kabupaten TTU Siap Diakreditasi

oleh -1.425 views

TTU, LikuraiOnline.com-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi NTT melalui Dinas Kesehatan Kabupaten TTU terus berupaya untuk mengakreditasi Puskesmas yang ada di Kabupaten TTU.

Saat ini sudah tujuh Puskesmas di Kabupaten TTU mempersiapkan diri untuk diakreditasi. Tujuh Puakesmas yang akan diakreditasi tahun ini adalah Puskesmas Inbate, Nimasi, Bijaepasu, Tamis, Oemeu, Bitefa dan Haekto.

Kepala Dinas Kesehatan TTU, dr. Zakarias E. Fernandes yang ditemui wartawan senin, 20 Mei 2019 mengatakan, target akreditasi tersebut dilakukan untuk mendorong kualitas pelayanan di bidang kesehatan.

Ia mengaku optimis proses akreditas ketujuh puskesmas itu berlangsung dengan baik dan sesuai dengan target waktu yang sudah ditentukan.

“Untuk program akreditasi ini akan dinilai sarana prasarana kesehatan, sumber daya dan dukungan dari para fasilitator, dokter dan tenaga kesehatan serta seluruh komponen masyarakat dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa bahkan rumah tangga,” jelas dr. Zakarias.

Lebih lanjut, mantan Direktur RSUD Kefamenanu itu menjelaskan, akreditasi puskesmas sudah menjadi komitmen Pemda TTU.

Akreditasi ini kata dia, dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten TTU.

Karena akreditasi merupakan salah satu indikator peningkatan kualitas pelayanan.

Selain tujuh puskesmas yang akan diakreditasi, pada tahun ini juga Pemerintah Kabupaten TTU mempersiapkan reakreditasi bagi delapan puskesmas yang ada di TTU.

Kepala Dinas mengaku proses akreditasi tidak gampang karena level penilaiannya sudah lebih tinggi.

Meskipun demikian, pihaknya tetap optimis, akreditasi baik untuk tujuh puskesmas maupun reakreditasi untuk delapan puskesmas akan berlangsung dengan baik.

“Kita tidak boleh pesimis, tapi harus optimis. Ini adalah tujuan akhir penyelenggara kesehatan oleh tenaga kesehatan yakni mencapai mutu setinggi-tingginya.

Akreditasi ini pada akhirnya bermuara pada  pemenuhan standar pelayanan. Kalau standar terpenuhi maka mutunya pasti baik. Kalau mutunya baik, pelayanan pasti baik,” ujarnya. *(Isto Santos).