Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Dana BOS, Pemkab Malaka Gelar FDG

oleh -557 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Pemerintah Kabupaten Malaka, melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FDG) Pengelolaan Dana BOS dan Aset Daerah di Kabupaten Malaka, Tahun 2019.

Kegiatan FDG tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka, Donatus Bere, SH di Aula Kantor Bupati Malaka di Betun, Senin (16/09/2019).

Membacakan Sambutan tertulis Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, Sekda Malaka menandaskan, salah satu permasalahan yang sedang dihadapi Kabupaten Malaka saat ini adalah rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia pengelola keuangan pada Sistem Kerja Perangkat Daerah dan pada sekolah-sekolah.

“Maka Bapak Bupati sudah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan ini dengan menghadirkan para petugas dari BPK Perwakilan NTT, ujar Sekda Malaka.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut, kata Sekda Malaka adalah untuk memperbaiki kualitas pengelolaan dan pelaporan Dana BOS serta Aset Daerah, sebagai bentuk riil dukungan terhadap komitmen Bupati Malaka untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kita semua harus mendukung kpmitmen Bapak Bupati untuk meraih WTP”, ajak Sekda Malaka.

Kepala Badan PKAD Kabupaten Malaka, Aloysius Werang, selaku Ketua Panitia FGD tersebut, dalam laporannya mengungkapkan, salah satu tujuan dari FGD tersebut adalah meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola Dana Bos dan Aset Daerah.

“Kemudian, untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan penyajian laporan dana bos dan pengelolaan aset daerah”, ungkap Alo.

Menurut Alo, kegiatan FGD yang menghadirkan Narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan NTT ini seauai rencana akan berlangsung selama 3 hari ke depan, mulai hari ini hingga Rabu, 18 September 2019 dan melibatkan Pimpinan Perangkat Daerah, PPK-SKPD, Pengurus Barang SKPD, Kepala Sekolah, Bendahara BOS dan Manejemen Bos.*(john germanus)