Tingkatkan Kemampuan Perawat, Yankes Dinkes Malaka Gelar BTCLS

oleh -1.163 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Perawat merupakan tenaga kesehatan yang berada di garis depan dalam memberikan pelayanan mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu keperwatan saat ini. Karena itu para perawat dituntut untuk selalu meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya agar bisa selaras dengan perkembangan teknologi terkini dalam bidang kesehatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik ketika membuka acara Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) yang diselenggarakan Bidang Pelayanan Kesehatab (Yankes) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka bagi para perawat tingkat Kabupaten Malaka di Ramayana Hotel, Betun, Senin (24/06/2019).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan Pelatihan dasar bagi Perawat dalam menangani masalah kegawatdarutan akibat trauma dan gangguan Kardiovaskuler.

“Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamat jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan pada penderita”, ujar Frida.

Selain itu, kata drg. Frida, kegiatan Pelatihan tersebut juga merupakan salah satu langkah mempersiapkan Tim P3K dalam menangani kasus kegawatdaruratan yang terjadi saat pertandingan turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC) 2019 yang akan digelar Juli mendatang.

Karena itu dirinya berharap, para peserta dapat berperan aktif dalam pelatihan ini sehingga, dapat mengaplikasikannya di tempat kerja masing-masing sehingga dapat dan mampu melakukan tindakan penatalaksanaan Bantuan Hidup Dasar untuk menyelamatkan jiwa dan mencegah kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan pada penderita di wilayah kabupaten Malaka.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat, Bernadette Sarce Kuna, SKM yang ditemui disela kegiatan tersebut mengatakan, melalui kegiatan tersebut, para peserta diharapkan mampu menangani kasus-kasus gawat darurat.

“Harapan kita, setelah pelatihan ini, para perawat kita mampu menangani kasus-kasus kegawatdaruratan, baik itu korban bencana alam, korban kebakaran, kecelakaan maupun kasus darurat lainnya”, tandasnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Ferdynandus Klau Seran, SKM kepada wartawan mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut melibatkan perawat dari 20 Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Malaka.

“Sesuai jadwal, kegiatan pelatihan ini akan diadakan selama lima hari ke depan, mulai hari ini (Senin, red) hingga hari Jumat mendatang”, jelas Ferdy.

Ferdi menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan Dinkes Kabupaten malaka tersebut bekerja sama sekaligus menghadirkan nara sumber dari Institusi
Penyelenggara Global Training Center.*(john germanus)