Tingkatkan Kapasitas Tenaga Mikroskopis Malaria, Dinkes Malaka Gelar “On The Job Training”

oleh -801 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga mikroskopik, maka dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Kementerian Kesehatan RI, mengadakan pelatihan bagi tenaga mikroakopik malaria.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik dalam arahannya pada pembukaan pelatihan tersebut di Aula Susteran SSpS Betun, Selasa (17/09/2019).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, pemeriksaan laboratorium yang cermat sangat dibutuhkan untuk menegakkan diagnosa dan ketepatan pengobatannya. Mengingat, manyak spesies malaria dan masing-masingnya membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.

“Salah satu cara untuk menekan tingkat mobilitas dan mortalitas malaria adalah ketepatan diagnosa san pengobatannya.

Manifestasi klinis demam malariasering tidak khas dan sering menyerupai infeksi penyakit lain, sehingga menyulitkan tenaga medis untuk memberikan diagnosa yang tepat.

Apalagi, terapi untuk masing-masing spesies tidak sama, tergantung penemuan parasitnya”, ujar Frida.

Kemampuan seorang mikroskopis, lanjut Frida, sangat menentukan temuan parasit Malaria, baik keberadaannya maupun spesiesnya. Karena itu keterampilan dan pengalaman pemeriksanya sangat dibutuhkan.

Frida berharap, kegiatan on the job training ini bisa membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para mikroskopis malaria sehingga bisa bermanfaat bagi penekanan angka kesakitan dan kematian karena malaria.

Pelatihan bagi tenaga mikroakopis malaria ini akan berlangsung selama tiga hari, sejak Senin, 17 September hingga Rabu, 19 September 2019. Peserta pelatihan adalah tenaga laboratorium (mikroskopis) Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan Betun dan 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Malaka.*(john germanus)