Tingkat Partisipsi Pemilih Pada PSU Di Malaka Menurun

oleh -1.281 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak suara pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 04 Desa Kletek, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka,  Sabtu (27/04/2019) menurun jika dibandingkan dengan pemungutan suara pada Pemilu 17 April lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malaka, Makarius Nahak Bere, S.Fil mengungkapkan hal itu ketika ditemui di lokasi PSU di Kletek, Sabtu (27/04/2019).

Marius menuturkan, pada pemungutan suara tanggal 17 April, pengguna hak suara di TPS 04 Desa Kletek sebanyak 193 pemilih, sedangkan pada PSU kali ini jumlah pemilih yang menggunakan hak suara adalah 157 pemilih.

“Kalau dibandingkan dengan pemungutan suara tanggal 17 kemarin, memang terjadi penurunan pengguna hak suara dari 193 pemilih menjadi 157 pemilih saja”, ungkap Makarius.

Padahal, ujar Makarius, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan PSU untuk 4 surat suara tersebut.

Menurunnya partisipasi pemilih sekitar 19 % tersebut ditenggarai terjadi karena beberapa hal, diantaranya pelaksanaan PSU bertabrakan dengan saat panen padi oleh warga Kletek yang sebagian besar berprofesi sebagai petani.

Beberapa warga di lokasi PSU menuturkan, banyak warga yang sudah turun ke sawah sejak pagi untuk menuai padi, entah padi milik sendiri maupun menuai padi milik orang lain sebagai tenaga upahan.

“Selain yang panen padi, ada juga anak-anak kita yang masih sekolah (mahasiswa, red) yang sudah harus kembali ke tempat kuliah di luar Malaka”, tutur Makarius.

Hingga berita ini diturunkan, proses PSU di TPS 04 Desa Kletek tersebut baru sampe pada tahap penghitungan untuk surat suara Capres-Cawapres dan Caleg DPR RI.

Untuk info, selain di TPS 04 Desa Kletek ini, PSU juga dilaksanakan di TPS 03 Desa Kateri, Kecamatan Malaka Tengah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PSU di dua TPS ini dilakukan karena ditemukan adanya Pemilih dari luar Kabupaten Malaka yang menggunakan hak suaranya di Malaka tanpa mengantongi model A-5.*(john germanus)