Terkait Bantuan Hibah Pemkab Malaka, Romo Lando: Bangun Gereja, Bangun Kualitas Sumber Daya Manusia

oleh -1.495 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Bantuan dana hibahsetiap tahun yang dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten Malaka untuk pembangunan tempat ibadah hendaknya tidak dilihat sekedar sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk pembangunan fisik tempat ibadah.

Hal itu harus dilihat sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Malaka terhadap pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Demikian diungkapkan  Romo, Erlando Afoan, Pr kepada wartawan media ini di Seon, Rabu (24/04/2019).

Romo Erlando  menilai, bantuan dana hibah yang selama beberapa tahun terakhir dianggarkan Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah kepemimpinan Bupati dr. Stef Bria Seran,MPH  baik untuk meunjang Gereja dalam menjalankan tugasnya, yakni membentuk kepribadian umat.

“Hemat saya, program dana hibah ini sangat positif. Bantuan Ini tidak hanya meringankan beban Gereja dan umat untuk membangun fisik gereja, tetapi lebih dari itu, membangun kualitas SDM”, tandas Romo Lando.

Karena, tersedianya fasilitas peribadatan yang baik akan sangat membantu umat dalam memjalankan ibadah dan dapat membentuk kerohanian umat.

“Umat yang kerohaniannya bagus, hidup kemasyarakatannya akan bagus pula. Kalau hidup kemasyarakatan manusia itu bagus, maka dampaknya akan terasa pada terciptanya siatuasi dan kondisi yang kondusif bagi pembangunan yang terarah pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat”, tutur Romo.

Untuk info, tahun ini Pemkab Malaka telah menyalurkan dana hibah untuk gereja dan lembaga sosial lainnya sebesar 4, 4 Miliar Rupiah.

Paroki Seon di  Kecamatan Malaka Timur mendapatkan dana hibah sebesar 500 Juta Rupiah, yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan Gua Maria di kompleks gereja.

“Kita dapat 500 Juta, yang akan dimanfaatkan untuk membangun Gua Maria, yang rencananya terdiri dari tiga item pekerjaan, yakni fisik gua, stasi-stasi jalan salib dan jalan masuk dari jalan raya menuju gua sepanjang kurang lebih 500 Meter”, jelas Romo Lando.

Terkait itu, ungkap Romo, dirinya bersama Pastor Paroki, Dewan Pastoral Paroki, Panitia Pembangunan dan seluruh umat Paroki Seon mengucapkan limpah terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Malaka, dalam hal ini Bupati Malaka bersama sekda Malaka beserta jajaran dan Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Malaka yang telah mengalokasikan dana untuk membantu Gereja. *(john germanus/user)