Terakreditasi Bintang Lima,  RSUPP Betun Jadi Rujukan Kaji Banding Akreditasi Rumah Sakit

oleh -2.218 views

Betun,  LikuraiOnline.com —— Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan (RSUPP) Betun menjadi rujukan bagi beberapa rumah sakit di NTT yang akan melakukan akreditasi.

Pasalnya,  RSUPP Betun,  pada bulan November tahun 2018 kemarin telah melakukan akreditasi dan mendapatkan predikat tertinggi untuk tingkat rumah sakit.

Demikian diungkapkan Direktur RSUPP Betun,  dr. Octelin Kaswadie kepada wartawan disela kesibukannya menerima Rombongan Kaji Banding Akreditasi Rumah Sakit dari RSUD Soe,  Kabupaten Timor Tengah Selatan di Aula Kantor Bupati Malaka,  Senin (06/05/2019).

“Benar bahwa kita di RSUPP Betun ini sudah mendapatkan predikat tertinggi dalam akreditasi Rumah Sakit,  yaitu Bintang Lima.

Bulan November itu kita ikut edisi pertama Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) dan kita dapat predikat tertinggi.

Karena itu,  beberapa Rumah Sakit lain di NTT ini datang untuk melakukan kaji banding,  bagaimana dan hal apa saja yang akan dilakukan untuk mendapatkan akreditasi tersebut”,  ujar dr. Octelin.

Selain rombongan kaji banding dari RSUD Soe,  sebelumnya pihak RSUPP Betun sudah mendapat kunjungan serupa dari Rumah Sakit Umum Katolik Marianum Halilulik.

Dan beberapa hari kedepan ini,  lanjut dr. Oktelin,  pihaknya akan menerima lagi kunjungan dari RS Wirasakti Kupang.

Terkait tips-tips yang akan diterapkan untuk mencapai predikat bintang lima tersebut,  dr.  Oktelin mengatakan,  paling kurang ada 13 hal yang perlu dibutuhkan.  Tetapi yang paling utama diantaranya adalah semangat.

“Yang paling penting itu adalah semangat. Seorang pemimpin itu tidak hanya menjadi direktur tetapi harus paham betul apa yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin.

Dia harus tahu betul ke mana harus memimpin stafnya,  ke jurang atau ke yang baik. Dan untuk mencapai yang baik itu dibutuhkan banyak cambuk.

Untuk mencapai ini, saya harus keras,  harus tegas sehingga bisa tercapai seperti ini”,  ungkapnya.

Namun,  dr. Octelin mengakui,  pencapaian tertinggi ini bukan semata karena dirinya tetapi karena kerja keras semua staff di RSUPP.

“Ini adalah hasil dari sebuah komitmen bersama,  sebagaimana sering disampaikan oleh Bapak Bupati Malaka,  bahwa untuk urusan kesehatan itu tidak ada kata tidak ada uang.

Jadi kami bersyukur bahwa segala kebutuhan rumah sakit ini, yang kami minta ke Pemkab Malaka sebagai pemilik dari rumah sakit ini selalu dipenuhi”,  tandasnya.

Terkait dampak dari akreditasi ini terhadap kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,  dr. Oktelin mengungkapkan,  dampak itu terlalu besar.

“Kita ambil contoh kecil saja yang kasat mata,  misalnya kebersihan di rumah sakit.  Sekarang ini tentu kualitasnya sangat jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelum ini’,  pungkas dr. Oktelin.

Untuk info, Selain RSUPP Betun adalah rumah sakit ke empat di NTT yang mendapatkan predikat Bintang Lima, setelah Rumah Sakit Umum Daerah Prof. W. Z Yohanes Kupang, RS Siloam Kupang dan RSUD Umbu Rarameha Waingapu, Sumba Timur.*(john germanus)