Tahun Ini Pemkab Malaka Target Penanaman Bawang Merah 150 Hektar

oleh -1.512 views

Betun, LikuraiOnline.com — Pemerintah Kabupaten Malaka menargetkan penanaman bawang merah seluas 150 hektar pada  tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Malaka  Ir. Yustinus Nahak, M,Si kepada media ini di Betun, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Yustinus, Pemerintah Kabupaten Malaka telah menganggarkan 8 Miliar Rupiah pada tahun ini untuk mendukung pengembangan komoditi andalan Revolusi Pertanian ini.

“Kita targetkan penanaman bawang merah tahun ini 150 hektar. Karena itu, saat ini sedang dilakukan lelang pengadaan bibit bawang merah sebanyak 150 ton dengan pagu anggaran 8, 3 Miliar Rupiah. Perkiraannya 1 ton per hektar”, ujar Yustinus.

Yustinus menjelaskan, 150 hektar tersebut akan disebarkan ke kelompok-kelompok tani yang tersebar di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Malaka Barat, Kecamatan Weliman dan Kecamatan Malaka Tengah.

“Kalau kelompok tani yang lama kan sudah punya persediaan bibit dari panen sebelumnya, jadi kita akan salurkan kepada kelompok baru dengan anggota yang tentunya baru juga”, tuturnya.

Selain penyediaan bibit, Pemkab Malaka akan menyediakan fungisida untuk merendam bibit bawang sehingga bebas dari gangguan jamur.

Tahun ini, tambah Yustinus, waktu tanam bawang merah akan dimajukan pada minggu terakhir bulan Mei, sehingga masih dapat kelembaban tanah.

Dari target luas lahan tanam tersebut, lanjut dia, pihaknya menargetkan hasil panen bawang merah sebesar dua ribu lebih ton.*(john germanus)