Tahun Ini, Pemkab Malaka Rehab 138 Rumah Warga di Tiga Kecamatan

oleh -1.269 views

Betun, LikuraiOnline.com —- Pemerintah Kabupaten Malaka telah mengalokasikan Rp.2,4 Miliar lebih melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019  untuk rehab 138 unit rumah warga.

Kepala Bidang Cipta Karya dan Perumahan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabuaten Malaka, Lukas Joseph Nahak, ST mengungkapkan hal itu kepada media ini di ruang kerjanya di Betun, Rabu (24/04/2019).

Joseph menjelaskan, 138 rumah warga tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Rinhat, Kecamatan Sasitamean dan Kecamatan Botinleobele.

“Ada 35 unit di Desa Niti dan 35 unit lagi di Desa Biudukfoho, Kecamatan Rinhat, lalu 34 unit di Desa Builaran, Kecamatan Sasitamean dan 34 unit lagi di Desa Kereana, Kecamatan Botinleobele”, terang Joseph.

Untuk jenis pekerjaan, jelas Joseph, adalah Peningkatan Kualitas (PK) atau rehab dengan pagu anggaran 17. 500. 000/ unit.

Terkait mekanisme penyaluran bantuan tersebut, tambah dia, pemerintah desa yang mengusulkan calon penerima kemudian pihak PUPR memverifikasi.

“Setelah verifikasi, Bupati akan mengeluarkan SK Penetapan. Dana tersebut akan ditransfer langsung ke rekening penerima. Sedangkan pihak PUPR hanya melakukan pendampingan teknis”, tutur Joseph.

Saat ini, pihak PUPR sedang menunggu usulan dari empat desa tentang calon penerima bantuan PK 130 unit rumah tersebut.*(john germanus)