Survey Akreditasi Puskesmas Oekmurak Mulai Hari Ini

oleh -1.379 views

Betun, LikuraiOnline.com — Survey Akreditasi Puskesmas Oekmurak di Kecamatan Rinhat dimulai hari ini, Kamis (12/12/2019) dan direncanakan bakal berlangsung selama 3 hari ke depan.

Survey Akreditasi puskesmas Oekmurak tersebut akan dilaksanakan oleh 3 surveyor yang ditugaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Demikian informasi yang berhasil diperoleh media ini dari Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), drg. Paskalia Frida Fahik, Kamis pagi (12/12/2019).

Menurut Kadinkes, ada 3 surveyor yang telah ditugaskan Ketua eksekutif Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama untuk melakukan survey akreditasi di Puskesmas Oekmurak, yakni dr. Sutji Haryati sebagai Ketua Tim Surveyor dan 2 Anggota, masing-masing, dr. Djoko Martjianto, M.Kes dan dr. Hermanta Setiarsah, MQIH.

Kadinkes menambahkan, Survey Akreditasi yang akan dilaksanakan para surveyor menggunakan Standar Nasional Akreditasi Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 Tahun 2015.

Untuk info, Puskesmas Oekmurak adalah salah satu dari 4 Puskesmas di Malaka yang belum terakreditasi dan telah diregistrasi untuk Akreditasi Puskesmas dengan Nomor Registrasi: P5321040202.

“Tiga Puskesmas lain yang akan akreditasi tahun ini, masing-masing Puskesmas Alkani di Kecamatan Wewiku, Puskesmas Babulu di Kecamatan Kobalima dan Puskesmas Bani-Bani di Kecamatan Io Kufeu masih menunggu jadwal dari Komisi Akreditasi”, jelas Kadinkes.

Terpisah, Kepala Puskesmas Oekmurak, Yulius Y.O Baboki mengatakan, pihaknya telah siap menjalankan proses Akreditasi. Persiapan Akreditasi tersebut, kata dia, sudah dilaksanakan sejak setahun terakhir melalui beberapa mekanisme yang ada, termasuk kaji banding di Sister Dinkes Malaka di Kulon Progo.*(john germanus)

No More Posts Available.

No more pages to load.