Sumber Air Weliman Segera Ditata Jadi Destinasi Wisata

oleh -1.904 views
Kolam Renang di Mata Air Weliman. (Foto : likuraionline.com)

Betun,  LikuraiOnline.com—Sumber Air Weliman di Desa Laleten,  Kecamatan Weliman,  Kabupaten Malaka akan ditata menjadi satu destinasi wisata tahun 2019 ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka, Rofinus Bau kepada media ini di ruang kerjanya,  Senin (01/04/2019).

Kolam Renang di Mata Air Weliman, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka (Foto : Likuraionline.com)

Rofinus menjelaskan,  penataan lokasi wisata alam Sumber Air tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Pusat.

“Jenis pekerjaan yang direncanakan adalah pembuatan gapura identitas,  gasebo,  MCK dan kamar ganti”,  jelas Rofinus.

Saat ini,  tambah Rofinus,  pekerjaan tersebut sementara dibuat design enginering oleh Pejabat Pembuat Komitmen.

“Pagu anggarannya adalah Rp.1,2 Miliar,  tapi itu untuk dua proyek, yakni penataan Weliman dan pembangunan panggung hiburan rakyat di Lapangan Haitimuk,  Kecamatan Weliman”,  jelasnya.

Pembangunan Panggung Hiburan Rakyat di Lapangan Haitumuk tersebut dianggap perlu karena satu-satunya lapangan yang memiliki panggung hiburan di Malaka hanyalah Lapangan Umum Betun.

“Saat ini hanya ada panggung hiburan yakni Lapangan Betun. Jadi misalnya kalau ada acara yang bertabrakan dengan peringatan HUT RI, yang mana lapangan Betun harus steril,  kita kerepotan”,  tutur Rofinus.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini,  sumber mata air Wematan Weliman pernah beberapa kali ditata oleh Pemkab Belu sebelum terbentuknya DOB Malaka.

Penataan tersebut berupa pembuatan dinding tembok dan pagar pernanen serta beberapa unit rumah peristirahatan.  Tempat rekreasi ini biasanya ramai oleh para pengunjung, terutana pada hari Minggu dan hari-hari libur.

Warga pengunjung yang ditemui di lokasi sumber air yang terletak di pinggir jalan utama Betun-Kupang via Lintas Selatan tersebut mengaku senang dengan rencana penataan lokasi wisata tersebut.

“Baguslah kalau pemerintah mau tata tempat ini.  Letaknya pas dipinggir jalan besar,  jadi biaa menjadi ikon pariwisata Kabupaten Malaka.  Ya,  kalau sudah ada lopo,  kamar ganti dan toilet akan lebih bagus”, ungkap Gratia dan Yuatina,  warga Haitimuk yang kerap berkunjung ke Wematan Weliman.*(john germanus/user)