Sukseskan Program Perang Melawan Sampah, Warga Wehali Bersihkan Kota Betun

oleh -1.216 views

Betun, LikuraiOnline.com — Warga Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, yang notabene bermukim di jantung Kota Betun menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan kota Betun, Ibu Kota Kabupaten Malaka.

Kepedulian warga tersebut ditunjukkan dengan kerja bakti pembersihan lingkungan pada kegiatan Jumat Bersih yang dilakukan di Kota Betun, Jumat (14/06/2019).

Kepala Desa Wehali, Yohanes Robi Tei Seran yang ditemui wartawan di sela kegiatan tersebut mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan aparat dan warga Desa Wehali tersebut dilakukan sebagai respons terhadap program perang melawan sampah, sekaligus bentuk kepedulian terhadap Kota Betun.

“Hari ini kita lakukan pembersihan lingkungan di Wilayah Kota Betun melalui kegiatan Jumat Bersih, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap Kota Betun dan implementasi program Perang Melawan Sampah yang dicanangkan Bupati Malaka”, ujar Robi.

Menurut Robi, kegiatan pembersihan lingkungan itu rencananya akan dilakukan setiap hari Jumat, melibatkan seluruh aparat desa hingga RT dan warga.

Kegiatan tersebut difokuskan pada sarana pelayanan publik seperti sekolah, rumah sakit, pasar dan sarana perkantoran yang berhubungan dengan kepentingan publik.

”Hari ini kita mulai di depan Polsek Malaka Tengah menuju Pemancar TVRI lalu ke tempat penginapan kontingen El Tari Memorial Cup (ETMC) di SDI Betun Kota”, kata Robi.

Robi menambahkan, Jumat berikutnya, sesuai rencana kegiatan yang sama akan dilanjutkan di sekitar SDI Bakateu, yang juga akan digunakan untuk penginapan kontingrn ETMC dan sekitaran Pasar Baru Betun.

“Kita akan berkoordinasi dengan bidang kebersihan Dinas PUPR terkait titik-titik yang perlu mendapatkan penanganan, termasuk pembuangan sampah.

Kita juga selalu menghimbau warga Kota Betun agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan membiasakan diri membuang sampah pada tempat yang disediakan.*(john germanus)