Sosialisasi TPPO Di Malaka, Tapen Bikomi Bekerja Sama Dengan Kemendikbud

oleh -505 views

Betun, LikuraiOnline.com —– Yayasan Tapen Bikomi, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar Sosialisasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kabupaten Malaka.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama tiga hari, sejak Kamis (12/09/2019) di Aula Ramayana Hotel, Kota Betun.

Mawar Lake Pohan, Ketua Yayasan Tapen Bikomi, kepada awak media di sela kegiatan tersebut di Ramayana Hotel, Sabtu (14/09/2019) menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman siswa dan masyarakat mengenai waspada TPPO.

“Tujuannya, meningkatkan pengetahuan, pemahaman siswa dan masyarakat mengenai Waspada TPPO, tersosialisasinyabprogram TPPO melalui bidang pendidikan dan terminimalisasinya korban TPPO”, ujar Mawar.

Kegiatan sosialisasi ini, jelas Mawar, melibatkan beberapa kelompok berbeda dalam 3 hari kegiatan tersebut.

Peserta soaialisasi ini, kata Mawar, adalah perwakilan dari unsur-unsur terkait sasaran program di 3 Kecamatan di Kabupaten Malaka, yakni Kecamatan Malaka Barat, Malaka Tengah dan Weliman, dengan target minimal tersosialisasi untuk 150 orang.

“Hari Pertama, perwakilan Kepala Sekolah SD-SMA, Perwakilan orangtua murid/ Komite dari tingkat PAUD sampai SMA dan Perwakilan siswa SMP-SMA bersama guru pendamping.

Hari Ke Dua, Perwakilan pengurus organisasi Pemuda, perwakilan Dinas Nakertrans, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Pengurus Lembaga Soaial.

Kemudian, hari ke Tiga, melibatkan perwakilan PKK, Pengelola Lembaga Pendidikan Non Formal, Perwakilan Organisasi Mitra PAUD dan Badan Musyawara Perguruan Swasta.

Sedangkan pemateri dalam kegiatan tersebut adalah 1 nara sumber dari Kemendikbud dan 3 pemateri dari Pemda Malaka. Sedangkan Fasilitatornya terdiri dari 1 fasilitator dari Kemendikbud dan 1 lagi dari Provinsi.*(john germanus)