Siswa-Siswi SDK Sta. Maria Assumtha Kupang Gelar Wisata Edukasi

oleh -6.579 views

Kupang,LikuraiOnline.com—  Para Guru di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Sta. Maria Assumpta Kupang mengadakan wisata edukasi bagi siswa-siswi kelas 2 SD (2A, 2B, 2C, 2D, dan 2E) di taman Ziarah Yesus Maria Oebelo, Kabupaten Kupang Provinsi NTT,  Sabtu, 19 Oktober 2019.

Pantauan LikuraiOnline.com, rombongan siswa/i kelas 2 SDK Sta. Maria Assumpta Kupang didampingi oleh Guru Wali kelasnya masing-masing  dan beberapa orang tua murid.

Kegiatan ini dalam rangka menjalankan salah satu program baru yang diterapkan di SDK Sta. Maria Assumpta, yakni wisata edukasi dengan tema hari ini “Bermain di Lingkunganku” khususnya mengenal 3 wujud benda yakni benda padat, cair dan gas.

Anak-anak diarahkan dari aula menuju Taman Doa untuk berdoa Rosario. Setelah itu kembali ke aula dan mulai belajar mengenal 3 wujud benda berdasarkan kelasnya masing-masing.

Selanjutnya anak-anak mengisi acara dengan berbagai macam kegiatan perlombaan. Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian acara hari ini. Mereka belajar, bermain, dan berdoa tanpa dibatasi ruang geraknya.

Sr. Dafrosa, CIY, selaku Koordinator kegiatan, sekaligus Wali Kelas 2A, saat diwawancara wartawan di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa  agar mengenal lingkungan diluar sekolah juga agar  siswa-siswi tidak merasa bosan dan jenuh dengan sistem pembelajaran yang selama ini hanya dilakukan di dalam ruang kelas.

Melalui kegiatan ini para siswa juga dapat mengenal lingkungan sekitar dan berinteraksi dengan siapa saja tanpa dibatasi ruang geraknya sehingga mampu menstimulasi pola pikirnya menjadi lebih berkembang.

“Tujuannya jangan ada rasa bosan, jenuh dari anak sebetulnya. Untuk itu kami mengadakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lingkungan alam bebas setahun sekali supaya siswa juga lebih dekat dengan Gurunya dan bisa belajar bersama orang tua.” Ungapnya.

Saat ditanya mengenai lokasi pilihan hari ini, Sr. Dafrosa menjelaskan bahwa sesuai rapat para Guru, wisata edukasi perdana untuk siswa/siswi kelas II direkomendasikan diadakan di Taman Doa Oebelo karena wilayah tamannya luas untuk KBM dan juga berdoa Rosario mengingat bulan Oktober sebagai bulan khusus untuk menghormati Santa Perawan Maria bagi umat Khatolik, maka lokasi ini menjadi lokasi perdana wisata edukasi SDK Sta. Maria Assumpta hari ini.

Sr. Dafrosa berharap setelah kegiatan wisata edukasi ini, anak-anak telah dikenalkan dengan lingkungan alam sekitar, berinteraksi dengan orang-orang sekitar membuat anak-anak semakin bersemangat lagi untuk belajar. (Narty)